Kota Ruteng dan Kondisinya yang Memprihatinkan: Trotoar Menganga hingga Jalan Berlubang

- 11 Juni 2024, 20:21 WIB
Potret  Carolus B.A. Nanggo, penulis opini "Kota Ruteng dan Kondisinya yang Memprihatinkan: Trotoar Menganga hingga Jalan Berlubang"
Potret Carolus B.A. Nanggo, penulis opini "Kota Ruteng dan Kondisinya yang Memprihatinkan: Trotoar Menganga hingga Jalan Berlubang" /

 
Opini Oleh: Carolus B.A. Nanggo, Mahasiswa Semester 4 Prodi Teknik Sipil di UNIKA Santo Paulus Ruteng

 

OKE FLORES.C0M - Saat ini hampir pasti jalan di setiap kota dilengkapi dengan trotoar yang tentunya memudahkan mobilitas para pejalan kaki, tanpa harus mengganggu lalu lintas kendaraan.

Lantas, apa itu trotoar? Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, trotoar diartikan sebagai tepi jalan besar yang sedikit lebih tinggi daripada jalan tersebut, tempat orang berjalan kaki.

Menurut keputusan Direktur Jenderal Bina Marga No.76/ KPTS/Db/1999 tanggal 20 Desember 1999 yang dimaksud dengan trotoar adalah bagian dari jalan raya yang khusus disediakan untuk pejalan kaki yang terletak didaerah manfaat jalan, yang diberi lapisan permukaan dengan elevasi yang lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan, dan pada umumnya sejajar dengan jalur lalu lintas kendaraan.

Baca Juga: Inilah 3 Daun Penghancur Lemak yang Paling Jitu untuk Bantu Capai Tubuh yang Lebih Sehat dan Ideal

Sebagaimana definisinya tadi, bahwasanya trotoar dibangun untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki, sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan.

Sebenarnya jika ditelisiki, keberadaan trotoar membuat pejalan kaki memiliki "jalan" sendiri selama berada di jalanan-turut memperlancar lalu lintas kendaraan.

Selain itu, ruang di bawah trotoar dapat digunakan sebagai ruang untuk menempatkan utilitas dan pelengkap jalan lainnya.

Mirisnya, begitu banyak kasus yang menunjukkan kebobrokan sejumlah oknum tertentu yang menyalahgunakan trotoar.

Belum lagi, tidak sedikit trotoar yang tidak lagi memiliki penutup alias berlubang. Trotoar di samping Gereja Katedral Lama-Kota Ruteng, misalnya.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah