HOAKS! JANGAN DIINSTAL! Waspada Penipuan APK Bansos yang Mengatasnamakan Dana PKH!

- 9 Februari 2024, 10:31 WIB
Begini cara cek status KPM bansos Kemensos.
Begini cara cek status KPM bansos Kemensos. /

 

 

OKE FLORES.COM - Saat ini, media sosial telah menjadi arena yang tak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, di tengah riuh rendah informasi yang mengalir, seringkali muncul pesan-pesan berantai yang menjanjikan hal-hal yang terlalu baik untuk menjadi kenyataan.

Salah satu isu yang tengah menjadi perbincangan adalah pesan-pesan berantai yang mengklaim memberikan informasi tentang cara memeriksa dan mendapatkan Dana PKH (Program Keluarga Harapan) periode Maret hingga Mei 2023 dari pemerintah. 

Baca Juga: RESMI: Libur Nasional Pemilu 14 Februari 2024

Pesan-pesan terkait bansos PKH ini tersebar melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp dan Telegram, baik melalui grup chat maupun pesan pribadi.

Isi pesan tersebut tidak hanya menawarkan instruksi tentang cara memperoleh dana bantuan, tetapi juga menyertakan Surat Edaran palsu dari Kementerian Sosial serta sebuah file APK (Aplikasi berkas Android) yang disebut Bantuan Sosial.apk.

Modus Operandi Penipuan

Pesatnya penyebaran pesan-pesan ini, ditambah dengan penambahan Surat Edaran palsu dan logo Kementerian Sosial dalam pesan tersebut, bertujuan untuk meyakinkan penerima bahwa pesan tersebut berasal dari sumber yang sah dan terpercaya. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa hal tersebut adalah modus penipuan yang sangat merugikan.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x