BRI Termasuk Dalam Daftar 1000 Bank Terunggul Di Dunia Menurut The Banker

- 12 Juli 2023, 14:56 WIB
foto: BRI
foto: BRI /

OKEFLORES.com -  Prestasi luar biasa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali mendapatkan pengakuan dari komunitas internasional. Media keuangan dan ekonomi terkemuka dunia yang berbasis di London, The Banker, mengakui BRI sebagai bank terunggul di Indonesia dalam daftar Top 1000 World Banks 2023 yang diterbitkan pada tanggal 5 Juli 2023.

Secara internasional, The Banker yang telah menjadi sumber informasi perbankan yang dapat dipercaya sejak tahun 1926 tersebut menempatkan BRI pada posisi ke-109 dunia pada Top 1000 World Banks 2023, di mana posisi tersebut menjadi posisi bank tertinggi di Indonesia.

Dalam situs resminya The Banker melakukan pemeringkatan Top 1000 World Banks 2023 mengacu pada pencapaian kinerja keuangan pada 2022. Adapun aspek penilaian di antaranya terdiri dari sisi balance sheet, income statement, dan capital adequacy.

Baca Juga: Ini Syarat Daftar: Pinjaman Online Aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan 30 Menit Cair Rp 25 Juta Tanpa Agunan

Berkaitan dengan prestasi tersebut, Sunarso menyatakan bahwa BRI berhasil mempertahankan kinerja yang positif dan terus berkembang di tengah situasi ekonomi yang sulit di tengah tantangan pandemi Covid-19. Hal ini, lanjutnya, menunjukkan bahwa BRI berhasil memberikan arti kepada semua pihak yang terlibat melalui penciptaan nilai ekonomi dan sosial.

“Kami berterima kasih kepada The Banker karena telah menilai kinerja kami secara objektif, kredibel dan transparan. Hal ini membuktikan BRI berhasil dan mampu secara konsisten menjaga fundamental kinerja tetap dapat tumbuh secara sehat, kuat, dan berkelanjutan. Tak lupa, saya katakan bahwa prestasi ini berkat kerja keras seluruh Insan BRILian (pekerja BRI) yang telah memberikan kontribusi terbaiknya. Hal tersebut juga akan menjadi suntikan semangat kami untuk terus men-deliver economic value dan social value bagi seluruh stakeholders ,” ujarnya menekankan. Sunarso juga mendedikasikan pencapaian ini kepada seluruh pelaku UMKM di Indonesia yang menjadi ,” ujarnya melansir antaranews.com, Rabu 12 Juli 2023.

The Banker mengungkapkan bahwa analisis yang mereka lakukan menunjukkan bahwa tahun 2022 akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi industri perbankan global. Bank-bank sentral di berbagai negara telah mengencangkan kebijakan moneter setelah sepuluh tahun suku bunga yang rendah bahkan negatif, sebagai tanggapan terhadap beberapa gejolak, termasuk pemulihan permintaan secara keseluruhan setelah pandemi Covid-19, gangguan rantai pasokan, konflik di Ukraina, dan meningkatnya inflasi.

Kondisi tingkat bunga yang lebih tinggi umumnya berkorelasi positif dengan keuntungan bank. Memang, peningkatan suku bunga belakangan ini telah menguntungkan bank. Namun, perubahan ini juga menghadirkan tantangan yang berdampak pada laporan keuangan bank.

Ada risiko lanjutan seputar inflasi dan meningkatnya ketidakpastian ekonomi di banyak pasar. Perkiraan dasar adalah pertumbuhan produk domestik bruto global turun dari 3,4% pada 2022 menjadi 2,8% pada 2023, menurut Dana Moneter Internasional (IMF). Pertumbuhan ekonomi diprediksi akan mengalami perlambatan, dari 2,7% pada tahun 2022 menjadi 1,3% pada tahun 2023.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah