Sejumlah KPM Dapat Saldo Rp650 Ribu Masuk ke KKS: Bantuan Apa Sebenarnya yang Diberikan? Cek Disini

- 4 Mei 2024, 09:18 WIB
Bansos Cair Lagi di Bulan Mei-Juni 2024!
Bansos Cair Lagi di Bulan Mei-Juni 2024! /

OKE FLORES.COM - Pemerintah Indonesia kembali menggelontorkan bantuan sosial (bansos) untuk meringankan beban masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Salah satu program bansos yang telah lama diterapkan adalah Program Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang memberikan bantuan langsung tunai kepada keluarga yang membutuhkan.

Baru-baru ini, sejumlah keluarga penerima manfaat mendapati saldo sebesar Rp650 ribu telah masuk ke rekening mereka. Namun, pertanyaannya adalah: bantuan apa sebenarnya yang diberikan?

Baca Juga: KPM yang Terdaftar DTKS Kemensos Terima Bantuan BLT Mitigasi Rp600 Ribu, Berikut Jadwal dan Daftar Penerima

Jumlah saldo Bansos yang masuk ke rekening KKS milik KPM adalah Rp650.000, tetapi ia menanyakan jenis bantuan apa yang diterima.

Ternyata saldo Bansos sebesar Rp650.000 berasal dari pencairan Program Keluarga Harapan (PKH), yang dialokasikan dari Maret hingga April 2024.

Selain itu, kemungkinan besar dana Bansos akan berasal dari komponen PKH Lansia/Penyandang Disabilitas Berat sebesar Rp400.000 dan komponen siswa SMP sebesar Rp250.000.

Dana ini adalah pencairan susulan dari KPM yang telah divalidasi sistem.

Hal ini disebabkan oleh keputusan Kementerian Sosial (Kemensos) bahwa mereka yang menerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) juga berhak untuk didaftarkan sebagai penerima PKH.

Kemensos bertanggung jawab untuk menentukan apakah seseorang layak menjadi KPM Bansos.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah