Daftar 3 Bansos yang Akan Cair Bulan Mei 2024, Lengkap dengan Cara Cek Penerima dan Besaran Dana

- 6 Mei 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi Penyaluran bansos/
Ilustrasi Penyaluran bansos/ /Antara/Fikri Yusuf

OKE FLORES.COM - Perekonomian dunia telah terguncang, dan dampaknya terasa di seluruh lapisan masyarakat.

Di Indonesia, pemerintah telah berupaya keras untuk mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan, salah satunya melalui program bantuan sosial (bansos).

Bulan Mei 2024 akan menjadi momen penting karena tiga bansos utama akan dicairkan, memberikan harapan dan bantuan kepada jutaan keluarga di seluruh Indonesia.

1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT merupakan program bantuan sosial yang diberikan secara langsung kepada keluarga penerima manfaat dalam bentuk saldo di kartu elektronik.

Dengan menggunakan kartu tersebut, penerima manfaat bisa membeli bahan makanan pokok di warung atau toko yang telah bekerja sama dengan program BPNT.

BPNT menjadi salah satu instrumen penting dalam menjaga ketahanan pangan keluarga terdampak.

Pada bulan Mei 2024, pemerintah berkomitmen untuk kembali mencairkan dana BPNT kepada jutaan keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan bantuan nyata bagi keluarga-keluarga yang membutuhkan, serta mengurangi beban ekonomi di tengah kondisi yang masih sulit akibat pandemi.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program bantuan sosial yang bertujuan untuk memberikan perlindungan sosial kepada keluarga miskin dan rentan.

Melalui program ini, keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan finansial secara berkala, dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah