Pemerintah Umumkan BPNT Tahap 2 dan 3 Mei 2024, Namun Gimana Cek Penerima Bantuan, dan Cair Kapan? Simak

- 12 Mei 2024, 08:00 WIB
Daftar Penerima Bansos PKH dan BPNT Bulan Mei-Juni 2024
Daftar Penerima Bansos PKH dan BPNT Bulan Mei-Juni 2024 /

OKE FLORES.COM - Bantuan sosial menjadi penopang utama bagi keluarga kurang mampu di Indonesia. Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah salah satu dari berbagai program yang diluncurkan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Bagi banyak keluarga, ketersediaan bantuan ini merupakan nafas harapan yang sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.

Dalam upaya meningkatkan keterjangkauan dan efektivitas program, pemerintah telah mengumumkan tahap 2 dan 3 BPNT untuk bulan Mei 2024.

Baca Juga: INFO TERBARU! Cek Saldo Hari Ini, Bantuan BLT Mitigasi Pangan Cair Serentak di Daerah Ini

Namun, bagaimana cara mengecek penerima bantuan, kapan cair, dan tanggal berapakah yang menjadi pertanyaan banyak orang.

Keluarga Penerima Manfat (KPM) menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp200 ribu setiap bulan selama satu tahun penuh. Ini berarti KPM akan menerima Rp2,4 juta dalam satu tahun kalender.

Namun, saat ini penyaluran tidak diberikan sebesar Rp200 ribu per bulan, tetapi dilakukan rapel langsung selama dua hingga tiga bulan. Akibatnya, KPM dapat menerima uang sebesar Rp400 ribu atau Rp600 ribu sekaligus.

Bagi KPM yang tidak memiliki rekening, uang BPNT akan dikirim melalui rekening KKS BNI dan BRI.

Untuk mengetahui status penerima BPNT 2024, Anda dapat mengakses Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Nama masyarakat yang terdaftar di DTKS memiliki kemungkinan besar akan menerima bantuan BPNT dan PKH.

Selain itu, Anda dapat mengakses nama penerima melalui situs web cekbansos.kemensos.go.id dengan mengikuti prosedur berikut:

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah