UPDATE TERKINI Harga Emas Lanjut Turun Menjauhi $2.400 karena Kegelisahan Suku Bunga

- 24 Mei 2024, 08:32 WIB
UPDATE TERKINI Harga Emas Lanjut Turun Menjauhi $2.400 karena Kegelisahan Suku Bunga
UPDATE TERKINI Harga Emas Lanjut Turun Menjauhi $2.400 karena Kegelisahan Suku Bunga /Amartha.com

OKE FLORES.COM - Harga emas kembali mengalami penurunan signifikan, menjauhi level psikologis $2.400 per ons. Penurunan ini dipicu oleh kegelisahan pasar terkait kebijakan suku bunga yang akan diambil oleh bank sentral utama di seluruh dunia.

Faktor Penurunan Harga Emas

  1. Kebijakan Suku Bunga The Federal Reserve

    The Federal Reserve (The Fed) Amerika Serikat menjadi pusat perhatian investor. Ekspektasi bahwa The Fed akan kembali menaikkan suku bunga guna mengendalikan inflasi, membuat daya tarik emas sebagai aset safe haven berkurang.

    Suku bunga yang lebih tinggi cenderung mengurangi daya tarik emas karena emas tidak memberikan imbal hasil seperti aset berbunga lainnya.

  2. Penguatan Dolar AS

    Selain itu, penguatan dolar AS turut berkontribusi pada penurunan harga emas. Emas yang dihargakan dalam dolar menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya ketika dolar menguat, yang pada akhirnya menurunkan permintaan emas.

  3. Situasi Geopolitik

    Ketidakpastian geopolitik yang sempat mendukung kenaikan harga emas beberapa waktu lalu, kini mulai mereda.

    Negosiasi dan pembicaraan damai dalam berbagai konflik global, meski belum sepenuhnya menyelesaikan masalah, telah menurunkan ketegangan pasar yang sebelumnya memicu kenaikan harga emas.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah