MUI Menyatakan Pendapat: Minta Film Kiblat Dilarang Tayang, Sindir Agama Dipakai Demi Cuan

- 27 Maret 2024, 09:15 WIB
Ketua Dakwah MUI, Cholil Nafis Sorot Visualisasi Promosi Film Kiblat
Ketua Dakwah MUI, Cholil Nafis Sorot Visualisasi Promosi Film Kiblat /Kolase OKETEBO.com/

OKE FLORES.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah angkat bicara mengenai kontroversi yang melibatkan poster film horor berjudul "Kiblat", yang baru-baru ini memicu gelombang kritikan dari berbagai pihak.

Film ini mendapat sorotan karena dianggap menyajikan gambar-gambar yang dianggap mengandung kampanye hitam terhadap ajaran agama, menimbulkan kontroversi yang meluas di masyarakat.

Kritik terhadap poster "Kiblat" muncul karena dianggap tidak senonoh dan tidak menghormati ajaran agama tertentu.

Baca Juga: Ada Unsur Penistaan Agama Dalam Larangan Penayangan Film Kiblat Oleh Ketua MUI?

Poster tersebut dianggap memuat gambar-gambar yang dianggap menyinggung nilai-nilai keagamaan, serta memberikan citra negatif terhadap ajaran agama yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.

Menyikapi hal ini, MUI menyampaikan pandangan tegasnya. Mereka menegaskan bahwa film-film, termasuk poster-poster yang digunakan untuk mempromosikan film, haruslah menghormati nilai-nilai keagamaan dan tidak menyinggung perasaan umat beragama.

Hal ini sejalan dengan semangat keberagaman dan toleransi yang menjadi salah satu landasan negara Indonesia.

MUI juga memberikan tanggapan terkait kata-kata dan simbol agama Islam dalam judul film Kiblat, yang dikritik oleh sejumlah kelompok dan diminta untuk tidak ditayangkan di bioskop Indonesia. Prof. Asrorun Niam Sholeh, Ketua Bidang Fatwa MUI, memberikan tanggapan.

"Prinsipnya, kita harus menggunakan istilah dan/atau simbol agama pada tempatnya yang pas," tegas Niam

Meskipun film Kiblat telah menimbulkan banyak pro dan kontra di media sosial, termasuk ajakan boikot yang tersebar luas di Instagram, Niam menyatakan bahwa MUI belum memiliki diskusi khusus tentang masalah ini saat ini.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x