Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung: Menjaga Kesehatan Lambung dengan Pilihan Nutrisi yang Tepat

- 31 Juli 2023, 09:48 WIB
5 Jenis Sayuran Hijau Terbaik untuk Diet Mengecilkan Perut Buncit, Bisa Dibuat Kuah, Lalab, atau Salad
5 Jenis Sayuran Hijau Terbaik untuk Diet Mengecilkan Perut Buncit, Bisa Dibuat Kuah, Lalab, atau Salad /Pixabay

OKE FLORES.COM - Asam lambung adalah kondisi umum yang dialami banyak orang. Ketika kadar asam di lambung meningkat, gejala seperti mulas, rasa terbakar di dada, dan gangguan pencernaan lainnya dapat muncul.

Penderita asam lambung perlu memperhatikan pola makan mereka untuk mengurangi gejala dan memperbaiki kesehatan lambung mereka.

Melansir dari PikiranRakyat.com, Senin, 31 Juli 2023, makanan sehat yang tepat dapat membantu mengurangi produksi asam lambung serta mengurangi risiko komplikasi jangka panjang.

Baca Juga: Bantuan bagi Pemilik KTP Daftar Cek Bansos Kemensos, Dana BLT BPNT 2023 Cair Tahap 4 Agustus Tanggal Berapa?

Diet Sehat untuk Penderita Asam Lambung

  1. Serat Tinggi Makanan tinggi serat, seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, dan biji-bijian utuh, dapat membantu mengurangi asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Serat membantu mengikat kelebihan asam dan mendorong pergerakan usus, yang dapat mencegah penumpukan asam di lambung.

  2. Protein Rendah Lemak Pilih sumber protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu. Lemak yang tinggi dapat memicu produksi lebih banyak asam lambung, sementara protein rendah lemak membantu menjaga keseimbangan asam lambung.

  3. Karbohidrat Kompleks Pilih karbohidrat kompleks seperti kentang, beras merah, dan roti gandum utuh. Karbohidrat kompleks lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan peningkatan yang tajam dalam produksi asam lambung, dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung putih.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah