Menurunkan Asam Urat Secara Alami: Langkah-Langkah yang Dapat Dilakukan

- 14 November 2023, 13:11 WIB
Ilustrasi penderita asam urat
Ilustrasi penderita asam urat /pixabay/u_if8o5n0ioo

OKE FLORES.COM - Asam urat adalah kondisi yang terkait dengan penumpukan zat limbah bernama purin di dalam tubuh.

Ketika tubuh Anda tidak dapat memproses purin dengan baik, ini dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Tingkat yang tinggi dari asam urat dapat berujung pada masalah kesehatan seperti nyeri sendi, peradangan, bahkan batu ginjal.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Kopi Mentah Bisa Kurangi Resiko Diabetes? Berikut Penjelasannya!

Untungnya, ada beberapa langkah alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat seperti yang dilansir dari Sonora.id, Selasa, 14 November 2023:

1. Diet Sehat

Mengatur pola makan adalah kunci utama dalam menangani asam urat. Konsumsi makanan yang rendah purin dapat membantu mengurangi produksi asam urat dalam tubuh. Makanan seperti daging merah, seafood, alkohol, dan makanan yang tinggi fruktosa sebaiknya diminimalkan. Sebaliknya, fokuslah pada makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

2. Minum Banyak Air

Air adalah sahabat terbaik dalam mengeluarkan zat-zat limbah dari tubuh, termasuk asam urat. Dengan minum banyak air setiap hari, Anda membantu tubuh untuk mengurangi kadar asam urat melalui urine. Secara umum, disarankan untuk minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari.

3. Mengontrol Berat Badan

Kegemukan atau memiliki berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kadar asam urat yang tinggi. Menjaga berat badan ideal dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi dan mengurangi produksi asam urat dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Sonora.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah