Daftar Kesini Tak di BSU BPJS Ketenagakerjaan, BLT 3 Juta Cair ke 10 Juta Penerima Juni 2023

- 13 Juni 2023, 11:34 WIB
Daftar Kesini Tak di BSU BPJS Ketenagakerjaan, BLT 3 Juta Cair ke 10 Juta Penerima Juni 2023
Daftar Kesini Tak di BSU BPJS Ketenagakerjaan, BLT 3 Juta Cair ke 10 Juta Penerima Juni 2023 /Instagram @magetanofficial

OKE FLORES.com - Saat ini banyak yang mencari informasi pencairan BSU terbaru, mengecek BSU NIK BPJS Ketenagakerjaan dan Kemenaker untuk mengetahui BSU BPJS kapan cair dan daftar BLT Subsidi Upah.

Ketahui pekerja cek KTP! BLT Rp 3 juta akan cair ke 10 juta penerima pada Juni 2023. Daftar ke situs resmi ini tak di Kemnaker maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Pada tahun 2022, pemerintah meluncurkan program Subsidi Upah (BSU) sebagai respons terhadap dampak yang dihasilkan dari kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Program ini diberikan kepada para pekerja dengan nominal sebesar Rp 600 ribu, dan disalurkan sekali cair, sebagai bentuk bantuan untuk meringankan beban kenaikan harga BBM.

Kebijakan BSU ini berbeda dengan program serupa yang berjalan pada tahun 2021, dimana BSU yang cair ke penerima mencapai Rp 1,2 juta. Bahkan pada tahun 2020, saat program ini pertama kali diterapkan, nominal BSU yang dicairkan mencapai Rp 2,4 juta.

Namun perlu dicatat, bahwa program ini pada tahun 2020 dan 2021 dilakukan bukan karena kenaikan BBM, melainkan sebagai upaya untuk meredam dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.

Untuk menentukan pekerja yang berhak menerima BSU, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Kemnaker telah menetapkan syarat dasar yaitu, pekerja harus memiliki gaji dasar yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kemnaker dan menjadi peserta aktif dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pemberian BSU ini merupakan langkah penting yang diambil oleh pemerintah dalam meredam dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh kebijakan kenaikan harga BBM.

Meskipun nominalnya lebih kecil dibandingkan dengan program BSU pada tahun-tahun sebelumnya, namun bantuan ini tetap memberikan bantuan yang signifikan bagi pekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka di tengah tekanan ekonomi yang semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Paulus Adekantari

Sumber: Beritadiy.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah