Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu 2024

- 13 Juli 2023, 11:06 WIB
foto:  Mata uang Indonesia memiliki banyak angka.
foto: Mata uang Indonesia memiliki banyak angka. /Pexels / Roberts/

OKEFLORES.com - Polres Sukabumi Kota mulai waspada terhadap peredaran uang palsu atau upal, terutama menjelang Pemilu 2024. Daerah-daerah yang menjadi pusat ekonomi, seperti di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan menjadi tempat yang akan diawasi.

Tindakan pencegahan ini juga dilakukan setelah banyak dugaan adanya uang palsu di dalam kotak yang dibungkus dengan plastik hitam di area Sukaraja, Sukabumi minggu lalu.

Kapolres Sukabumi Kota Ajun Komisaris Besar Ari Setyawan Wibowo mengatakan, tidak menutup kemungkinan pada tahun politik, ada perputaran uang yang lebih cepat dan dinamis daripada biasanya, dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk melakukan kejahatan dengan menyebarkan uang palsu.

Baca Juga: BRI Termasuk Dalam Daftar 1000 Bank Terunggul Di Dunia Menurut The Banker

Ari juga mengaku sudah melakukan pemetaan mengenai tempat-tempat mana saja yang menjadi target empuk para pelaku penyebar uang palsu.

“Kita akan mengantisipasi semua potensi tindak pidana termasuk tindak pidana peredaran uang palsu. Kita melihat kejadian-kejadian sebelumnya apalagi menjelang tahun politik, tidak menutup kemungkinan ada oknum yang coba memanfaatkan momentum politik, dengan mencoba mengedarkan uang palsu. Titik-titik mana saja yang harus diwaspadai, itu juga sudah kita petakan,” kata Ari dilansir dari pikiran-rakyat.com, Kamis 13 Juli 2023.

Ari juga mengajak masyarakat untuk segera melaporkan jika menjadi korban atau menemukan informasi tentang peredaran uang palsu.

Menurut Ari, Polres Sukabumi Kota telah membuka pintu lebar-lebar bagi masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota yang ingin melaporkan.

“Bisa melalui akun media sosial resmi Polres Sukabumi Kota baik di Facebook dan Instagram, atau bisa juga ke call center Lapor Pak Polisi Siap Mas di nomor 0811-654-110. Akan segera ditindaklanjuti,” ujar Ari.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: pikiranrakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah