Simak Informasi Jadwal Cair dan Cara Cek Penerima PKH Januari 2024 di Cekbansos.Kemensos.go.id

- 8 Januari 2024, 09:54 WIB
BANSOS PKH IBU HAMIL CAIR LAGI TAHUN 2024
BANSOS PKH IBU HAMIL CAIR LAGI TAHUN 2024 /Tim TP/

OKE FLORES.COM - PKH telah menjadi perwujudan nyata dari upaya pemerintah dalam membantu keluarga kurang mampu. Dengan jadwal cair yang telah ditetapkan dan kemudahan dalam memeriksa status penerima, diharapkan bantuan ini dapat tersalurkan dengan tepat waktu kepada yang membutuhkan.

Penting untuk terus memantau informasi terkini dari sumber resmi Kementerian Sosial terkait jadwal penyaluran dana PKH. Dengan begitu, penerima manfaat dan pihak terkait dapat mengantisipasi dan mengikuti perkembangan terbaru terkait program ini. 

PKH Januari 2024 merupakan pencairan tahap 1 dari bantuan sosial atau bansos program keluarga harapan di tahun ini dan akan berlangsung hingga Maret mendatang.

Baca Juga: Bansos Tambahan Rp500.000 Akan Disalurkan Kepada 9 Juta KPM, yang Terdaftar di DTKS Kemensos

Bansos PKH Januari 2024 ini akan disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memenuhi syarat dalam 7 kategori yang telah ditetapkan sebelumnya.

Penerima bantuan dari kategori yang berbeda akan mendapatkan dana bantuan yang berbeda setiap penyalurannya sesuai skema penyaluran, yaitu penyaluran 2 bulan atau tri wulan. KPM yang mendapatkan PKH Januari 2024 per 2 bulan, maka akan mendapatkan dana bantuan senilai Rp150.000 hingga Rp500.000 sesuai kategori. Sementara itu, KPM yang mendapatkan dana bantuan per triwulan akan mendapatkan dana bantuan senilai Rp225.000 hingga Rp750.000 sesuai kategori yang didapatkan.

Lantas, kapan PKH Januari 2024 akan cair?

Jadwal Cair PKH Januari 2024

PKH Januari 2024 di Pemalang, Jawa Tengah telah cair untuk lansia. Meski sudah cair untuk lansia, PKH Januari 2024 untuk kategori lainnya dikabarkan belum cair. Tak hanya di Pemalang, di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat juga telah melakukan pencairan PKH Januari 2024.

Namun, pencairan tersebut hanya sebagian, mengingat pencairan PKH Januari 2024 dilakukan secara bertahap, sehingga terdapat perbedaan penyaluran. Sementara itu, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Kemensos terkait jadwal cair PKH Januari 2024. Kemungkinan besar, PKH Januari 2024 akan mulai dicairkan pada minggu ini secara bertahap kepada KPM yang telah terdaftar.

Cara Cek Nama Penerima PKH Januari 2024 

Untuk mengetahui nama penerima PKH Januari 2024, KPM bisa mengakses cekbansos.kemensos.go.id secara online. Setelah berhasil masuk, isikan data domisili tempat tinggal sesuai KTP pada kotak yang tersedia, lalu masukkan nama lengkap. Pastikan nama lengkap yang dimasukkan sudah sesuai dengan KTP dan data diri yang didaftarkan ke DTKS Kemensos sebelumnya.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah