Info Terbaru BPNT Januari 2024, Kapan Pencairan Tahap Pertama Dimulai? Cek Jadwal dan Daftar Penerima

- 30 Januari 2024, 09:08 WIB
Bansos PKH dan BPNT cair sebelum Pemilu 2024
Bansos PKH dan BPNT cair sebelum Pemilu 2024 /Unsplash/Mufid Majnun

OKE FLORES.COM - Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) telah menjadi program pemerintah yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Program ini bertujuan memberikan bantuan pangan kepada keluarga miskin dan rentan di seluruh negeri. Namun, di awal tahun 2024, masyarakat tengah dihantui pertanyaan yang sama: Kapan dan tanggal berapa bansos BPNT Januari 2024 tahap 1 akan cair?

Pertanyaan ini terus mencuat di berbagai platform media sosial, mencerminkan kegelisahan dan kekhawatiran masyarakat terkait pencairan bantuan yang sangat dibutuhkan. Pada tahap awal tahun ini, proses pencairan bansos BPNT tampaknya menghadapi beberapa tantangan, yang memunculkan ketidakpastian terkait tanggal pencairan.

Beberapa faktor mungkin mempengaruhi penundaan pencairan BPNT. Salah satunya adalah perubahan kebijakan pemerintah terkait prosedur dan mekanisme penyaluran bantuan. Adanya perubahan ini dapat menciptakan hambatan administratif dan teknis yang memperlambat proses pencairan.

Baca Juga: ASIK! BLT BPNT Rp400 Cair Februari 2024, Cek di Rekening Pemilik KTP Terdata di Link Bansos

Selain itu, perubahan kondisi ekonomi dan keuangan negara dapat turut berperan dalam penundaan tersebut. Seiring dengan dinamika ekonomi global dan lokal, pemerintah mungkin perlu menyesuaikan alokasi anggaran untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tetap dapat tersalurkan secara efektif. 

Karenanya dalam artikel ini akan dibahas mengenai kapan jadwal pencairan bansos BPNT Januari 2024 tahap 1 dimulai dan cara cek penerimanya. Seperti diketahui, Bantuan Pangan Non Tunai atau bansos BPNT resmi dilanjutkan pencairannya oleh pemerintah di tahun 2024 ini.

Sama seperti bansos PKH, bansos BPNT Januari 2024 tahap 1 ini rupanya juga akan cair dalam bentuk uang tunai dan bukan lagi sembako untuk penerimanya. Penerima bansos BPNT Januari 2024 untuk tahap 1 sendiri, masih ditinjau pemerintah melalui DTKS Kemensos (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Yang mana dalam hal ini, penerima bansos BPNT Januari 2024 tahap 1 adalah keluarga rentan miskin atau miskin untuk membantu kebutuhan pokoknya.

Lantas, kapan pencairan bansos BPNT Januari 2024 tahap 1 akan dimulai?

Jika melihat dari skema penyaluran tahun lalu, bansos BPNT akan cair dalam tenggang waktu 2 hingga 3 sekali dengan nominal Rp200.000 per bulan. Dalam hal ini, artinya bansos BPNT tahap 1 sebenarnya akan berlangsung dari bulan Januari-Februari 2024 dan dilanjutkan ke bulan berikutnya.

Sayangnya untuk pencairan bansos BPNT Januari 2034 tahap saat ini, belum muncul tanggal pastinya karena pemerintah belum memberikan informasinya. Namun jika melihat dari akun SIKS-NG di beberapa wilayah sudah muncul jadwal pencairan dan SP2D, maka biasanya dana akan masuk ke rekening penerima dalam waktu 1 sampai 2 minggu setelah SP2D turun. Kendati demikian, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat terus memantau info pencarian dan nama penerimanya melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah