Pilih Daging yang Rendah Lemak: Tips Mengurangi Minyak Berlebih pada Makanan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol

- 7 November 2023, 12:11 WIB
Ilustrasi konsumsi daging merah :
Ilustrasi konsumsi daging merah : /Pixabay/

OKE FLORES.COM - Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengurangi risiko tersebut, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan kolesterol adalah dengan mengurangi konsumsi minyak berlebih dalam makanan.

Baca Juga: Inilah Resep Rebung yang Cocok untuk Teman Makan Siang

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengurangi minyak berlebih pada makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol seperti yang dilansir dari Fimela.com, Selasa, 7 November 2023:

  1. Pilih Metode Memasak yang Tepat Cara Anda memasak makanan dapat berpengaruh besar pada kadar minyak yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya hindari menggoreng makanan dalam minyak yang banyak. Alihkanlah ke metode memasak yang lebih sehat, seperti merebus, mengukus, atau memanggang. Ini akan membantu Anda menghindari penambahan minyak berlebih yang dapat meningkatkan kolesterol.

  2. Gunakan Minyak Zaitun Extra Virgin Jika Anda membutuhkan minyak dalam resep makanan Anda, pilih minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Gantilah minyak nabati lainnya dengan minyak zaitun untuk memberikan rasa yang lezat pada hidangan Anda tanpa meningkatkan risiko kolesterol.

  3. Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji Makanan cepat saji seringkali digoreng dalam minyak berlebih untuk memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang renyah. Konsumsi makanan cepat saji ini dapat meningkatkan asupan lemak jenuh dan trans fat, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi, sebaiknya batasi konsumsi makanan cepat saji dan lebih sering memasak makanan di rumah.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Fimela.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah