Berikut Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kesehatan Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

- 20 April 2024, 10:35 WIB
Ilustrasi buah beri
Ilustrasi buah beri /Unsplash/armin djuhic/

OKE FLORES.COM - Kesehatan otak yang optimal tidak hanya bergantung pada latihan mental, tetapi juga makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Apa yang Anda makan dapat memiliki dampak besar pada kinerja otak Anda, termasuk kemampuan untuk mengingat informasi.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman terbaik yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak Anda.

Baca Juga: WASPADA! Gejala Sakit Liver yang Sering Tidak Disadari, Salah Satunya Muncul di Mata

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan trout, kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini merupakan bahan bakar penting bagi otak dan dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Omega-3 juga dapat melindungi otak dari penuaan dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

2. Buah Beri

Buah beri, seperti blueberry, strawberry, dan blackberry, mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Flavonoid ini telah terbukti meningkatkan kinerja otak, termasuk daya ingat. Buah beri juga dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, walnut, dan kacang mete, mengandung vitamin E, asam lemak omega-3, dan antioksidan lainnya yang baik untuk otak. Mereka dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek dan jangka panjang.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, dan kangkung, kaya akan vitamin K, lutein, dan beta-karoten. Vitamin K terbukti penting untuk fungsi kognitif yang baik, sementara lutein dan beta-karoten dapat melindungi otak dari kerusakan.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan daya ingat. Teh hijau juga telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak jangka panjang.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah