Momen HUT Emas PPNI, HIPGABI NTT Gelar Aksi Peduli Bencana

- 11 April 2024, 09:05 WIB
Potret berbagai rangkaian pelatihan  peduli bencana oleh Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (HIPGABI NTT), foto Saverinus Suhardin
Potret berbagai rangkaian pelatihan peduli bencana oleh Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (HIPGABI NTT), foto Saverinus Suhardin /

KUPANG, OKE FLORES.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Emas (ke-50) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (HIPGABI NTT) menggelar berbagai kegiatan peduli bencana.

Kegiatan peduli bencana merupakan satu kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas), dalam bentuk pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Evakuasi dan Transportasi Korban Bencana (TKB) kepada kelompok masyarakat awam.

"Meski puncak HUT PPNI dirayakan 17 Mei 2024 lalu, namun pengurus pusat HIPGABI telah mengeluarkan edaran agar pengurus wilayah tiap provinsi melakukan kegiatan Pengmas pada rentang waktu 10 Maret sampai 10 April 2024," demikian keterangan Ketua HIPGABI NTT, Domingggos Gonsalves, S.Kep.,Ns, M.Sc, melalui
Infokom HIPGABI NTT Saverinus Suhardin pada Rabu (10/4/2024).

Baca Juga: Pesan Wakil Bupati Manggarai Barat di Perayaan Emas SDI Golo Welu 1

Karena itu, kegiatan Pengmas merupakan bagian dari aksi nasional HIPGABI seluruh Indonesia dan berlangsung di dua lokasi berbeda.

Dosen Prodi Keperawatan di Poltekkes Kemenkes Kupang itu menjelaskan, kegiatan pertama dilaksanakan pada Kamis (04/04/2024) di Kampus Stikes Maranatha Kupang. Adapun kelompok sasarannya yaitu para mahasiswa peduli bencana serta alumni yang berminat sebagai relawan bencana.

Sedangkan kegiatan kedua dijalankan pada Jumat (05/04/2024) dengan kelompok sasaran anggota Pramuka Gudep 1302 123.124 Poltekkes Kemenkes Kupang.

"Kegiatan ini penting karena mereka kelak akan berada dan tersebar di masyarakat, sehingga diharapkan mereka menjadi corong dan pemandu bila terjadi bencana di tengah masyarakat,” imbuh Gonsalves.

Peserta antusias

Narti Kase, salah satu peserta yang mengikuti kegiatan di Stikes Maranatha Kupang mengaku puas dan bersyukur dengan kegiatan yang dinilai bermanfaat tersebut.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah