Petani di SBD Sukses Penangkaran Benih Jagung Hibrida Kualitas Super dan Benih Kacang Kedelai Unggulan

- 26 Agustus 2023, 07:00 WIB
Foto. Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melaunching benih jagung Hibrida Kualitas Super Q-11 serta benih jagung varietas Bima 20 Uri
Foto. Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melaunching benih jagung Hibrida Kualitas Super Q-11 serta benih jagung varietas Bima 20 Uri /Humas Pemprov NTT

NTT, OKE FLORES.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melaunching benih jagung Hibrida Kualitas Super Q-11 serta benih jagung varietas Bima 20 Uri pada Juma'at 25 Agustus 2023 bertempat di halaman rumah jabatan Bupati SBD. Kedua benih ini merupakan hasil penangkaran pola kemitraan bersama Bupati SBD Kornelius Kodi Mete.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati SBD Marthen Christian Taka, Unsur Forkompimda Kab. SBD, Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho, Komisaris Utama Bank NTT Juvenile Djojana, Sekda SBD Fransiscus M Adilalo, Kepala Dinas Pertanian Prov. NTT Lecky Koli, Kepala Biro Adm. Pimpinan NTT Prisila Parera, serta para Stakeholder terkait.

Sebelum melaunching benih jagung tersebut Gubernur Viktor Laiskodat terlebih dahulu meninjau langsung benih jagung hibrida yang diperagakan cara pengelolaannya oleh para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian didampingi bersama Tim dari Dinas Pertanian dan Perkebunan SBD.

Baca Juga: Polres Mabar Menang Gugatan Praperadilan Kasus Penggelapan Jabatan PT Omsa Medic Bajo

Dijelaskan secara langsung oleh Agustinus Wakur Kaka yang merupakan Petani Penangkar Benih, khusus untuk bibit jagung hibrida varietas Bima 20 Uri merupakan hasil penangkaran pola kemitraan antara penangkar dengan CV Bunga Tani Sejahtera dimana masyarakat kelompok petani dibantu dengan diberikan benih jantan dan benih betina untuk ditanam lalu setelah panen akan dibeli kembali dari masyarakat petani dengan harga Rp.10.000/kg.

“Sebagai petani kami bangga karena Bapa Gubernur datang dan melihat sendiri bagaimana kami memproses dan mengolah benih jagung ini. Ini kami hasilkan sendiri dengan melibatkan para siswa/i SMK di SBD. Kami harapkan Bapa Gubernur bisa terus dukung upaya kami dalam menghasilkan benih jagung unggulan ini.” Jelas Agustinus.

Ia mengharapkan penangkaran bibit jagung hibrida ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala seperti serangan hama dan lain sebagainya, sehingga dapat membantu Peningkatan perekonomian masyarakat petani di SBD.

Selain benih jagung, juga dihasilkan benih Kacang Kedelai unggulan Varietas Detap 1.

Gubernur NTT Beri Apresiasi

Gubernur Viktor pun sangat mengapresiasi atas keberhasilan para kelompok tani bersama siswa SMK yang merupakan sebuah pencapaian prestasi yang luar biasa, karena proses penangkaran benih tanaman menurutnya bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan karena dibutuhkan skill dan pengetahuan serta pelatihan yang intens.

“Harus terus belajar dan semangat dalam pengembangan ilmu pertanian seperti menghasilkan benih-benih jagung ini. Dan selalu berkolaborasi dengan Dinas Pertanian SBD serta Dinas Pertanian Provinsi NTT supaya penangkaran benih jagung tersebut bisa ditindaklanjuti dan ditingkatkan jumlah produksinya.” Ucap Gubernur Viktor.

Gubernur Lasikodat juga mengatakan agar penangkaran benih jagung hibrida di Kabupaten SBD ini, diharapkan menjadi percontohan bagi daerah lain di Sumba serta NTT.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x