Jokowi: Akses KUR untuk Pelaku UMKM Sekarang Makin Mudah

- 1 September 2023, 13:48 WIB
Ilustrasi uang
Ilustrasi uang /Pixabay/wonderfulbali-23124233

OKE FLORES.com - Dalam rangka memperbaiki ekonomi khususnya di sektor UMKM, pemerintah menerapkan berbagai langkah agar UKM Indonesia dapat bersaing tidak hanya di dalam negeri tetapi juga internasional melalui berbagai struktur ekspor yang dapat diterima di pasar dunia.

Untuk itu UKM membutuhkan akses permodalan yang mudah, cepat dan aman, salah satunya adalah Layanan Akses Kredit Usaha atau KUR yang populer diluncurkan pemerintah pada tahun ini untuk UMKM.

Kabar baiknya, Presiden Jokowi akan lebih memudahkan pelaku UMKM mengakses KUR tanpa agunan apapun ketika akan melakukan pinjaman di bank.

Baca Juga: Berikut Besaran Bansos PKH Tahap 3 2023 Per Triwulan yang Cair Pada Bulan September

Melansir Beritasoloraya.com, Jumat, 01 September 2023, melihat pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang UMKM, Jokowi Ingin BI dan OJK segera membuat kebijakan tentang penyaluran KUR pada pelaku usaha.

Selama ini sebagian pelaku usaha UMKM mengalami kendala akses permodalan pengajuan KUR karena tidak memiliki aset sebagai jaminan untuk penambahan modal. Jika jaminan ini dihapuskan akan membuat pelaku usaha UMKM lebih mudah mendapat tambahan modal.

“Harusnya kita sudah menggunakan sistem credit scoring karena sudah 145 negara menggunakan sistemm credit scoring bagi UMKM untuk akses tambahan modal usaha. BI dan OJK bisa melihat skor, karakter pelaku usaha dalam memberikan KUR,” ungkap Jokowi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Beritasoloraya.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah