Bantuan sosial PBI JK 2023 Apakah Bisa Dicairkan Secara Tunai? Bagaimana Cara Mencairkannya? Cek Info Lengkapn

- 13 November 2023, 11:16 WIB
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara cek penerima bansos PBI yang sudah cair, login di laman resmi, dapatkan bantuan BPJS.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara cek penerima bansos PBI yang sudah cair, login di laman resmi, dapatkan bantuan BPJS. /Dok. Kemenkes.

OKE FLORES.COM - Bansos PBI Jaminan Kesehatan merupakan salah satu bentuk bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin dan rentan secara ekonomi. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada mereka yang membutuhkan, sehingga dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa harus khawatir dengan biaya.

Kelompok yang berhak mendapatkan bantuan ini umumnya telah ditetapkan berdasarkan data kependudukan dan tingkat ekonomi. Penerima bantuan biasanya adalah keluarga yang tergolong miskin atau rentan secara ekonomi dan belum tercover oleh program jaminan kesehatan lainnya. 

Informasi seputar cara mencairkan bansos PBI JK 2023, rupanya masih menjadi banyak pertanyaan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tahun 2023 ini.

Baca Juga: Apakah Dana KJP Plus November 2023 Sudah Cair? Ini Cara Cek Status Penerimaannya

Padahal, bansos PBI JK 2023 sendiri berbeda dengan bansos lain layaknya PKH dan BPNT, yang secara skema penyaluran sudah jelas diterangkan oleh pemerintah.

PBI JK 2023 merupakan program bansos yang dicairkan oleh Kemensos dan BPJS Kesehatan. Bantuan ini akan rutin disalurkan kepada KPM yang telah terdaftar di DTKS Kemensos setiap bulan.

Melansir depok.pikiran-rakyat.com Senin, 13 November 2023, Penerima PBI JK 2023, nantinya akan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan gratis melalui program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN KIS yang merupakan program BPJS Kesehatan.

Lantas, apakah bisa bansos PBI JK 2023 dicairkan secara tunai?

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Depok.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah