Kenapa Masih Ada Siswa yang Belum Menerima Dana KJP Plus Desember 2023? Ini Penyebab dan Solusinya

- 6 Desember 2023, 09:26 WIB
Ilustrasi BLT El Nino. Bantuan BLT El Nino November 2023 Kapan Cair, Cair Lewat Apa?
Ilustrasi BLT El Nino. Bantuan BLT El Nino November 2023 Kapan Cair, Cair Lewat Apa? /Antara/Aprillio Akbar/

OKE FLORES.COM - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2023 akan segera disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Database Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Bantuan ini diharapkan menjadi penyangga penting dalam menghadapi dampak cuaca ekstrem dan perubahan iklim yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.

BLT El Nino 2023, dengan besaran Rp400 ribu per keluarga, akan dibagikan dalam 2 tahap pada bulan November dan Desember 2023. Ini merupakan langkah konkret pemerintah dalam memberikan dukungan kepada keluarga yang berada di garis depan merasakan dampak dari kondisi cuaca yang tidak menentu.

Perubahan iklim, seperti fenomena El Nino, telah membawa konsekuensi serius bagi berbagai sektor kehidupan, terutama dalam hal pertanian, pangan, dan ketersediaan air bersih. Dengan bantuan ini, diharapkan keluarga penerima manfaat dapat mengurangi beban ekonomi mereka, terutama untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.

Baca Juga: Cara untuk Melaporkan atau Aduan dan Pendaftaran Diri Agar Anda Bisa Mengklaim Bantuan BLT El Nino 2023

Meskipun proses penyaluran bansos KJP Plus Tahap 2 Tahun 2023 sudah dimulai sejak 28 November 2023, masih ada sejumlah siswa yang mengalami pembatalan status dan belum menerima dana bantuan. Menurut informasi dari Instagram @upt.p4op, jumlah penerima KJP Plus Tahap 2 Tahun 2023 dibagi berdasarkan jenjang pendidikan sebagai berikut:

Jenjang SD/MI: 226.400 peserta didik

Jenjang SMP/MTs: 179.407 peserta didik

Jenjang SMA/MA: 63.137 peserta didik

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x