KUR Syariah Pegadaian: Cara Aman Mengembangkan Usaha

- 9 Desember 2023, 22:00 WIB
Kasus kegiatan fiktif di BUMN, eks pegawai Pegadaian Batam divonis lima tahun penjara karena terbukti korupsi.
Kasus kegiatan fiktif di BUMN, eks pegawai Pegadaian Batam divonis lima tahun penjara karena terbukti korupsi. /tangkap layar/pegadaian/

OKE FLORES.COM - Pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. Mereka menciptakan lapangan kerja, memperluas jaringan bisnis, dan berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh UMKM adalah akses terhadap pembiayaan yang terjangkau.

Untuk mengatasi masalah ini, tidak hanya lembaga keuangan konvensional, tetapi juga lembaga keuangan syariah seperti Pegadaian telah melangkah maju dengan menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis syariah.

KUR telah lama menjadi instrumen penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Awalnya, program ini ditawarkan oleh bank-bank konvensional dengan berbagai kebijakan dan bunga yang telah ditetapkan. Namun, kehadiran KUR berbasis syariah di Pegadaian memberikan alternatif yang lebih inklusif dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Baca Juga: Cek Status! ICara Cek Bansos PKH Lewat HP Via Login cek bansos kemensos go id 2023 Pakai NIK/KTP

Dalam konteks pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat di Indonesia, peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi fokus utama yang tak bisa diabaikan. UMKM bukan hanya menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi, tetapi juga penyedia lapangan pekerjaan yang luas, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi nasional.

Oleh karena itu, mendukung kelangsungan dan perkembangan UMKM menjadi sangat penting dan diperlukan. Pegadaian turut serta dalam memberikan dukungan kepada UMKM dengan memperkenalkan Kredit Usaha Rakyat atau KUR berbasis Syariah.

Tujuan utama dari KUR Syariah Pegadaian adalah memberikan dukungan kepada UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka dalam jangka waktu tertentu. Fasilitas pinjaman ini didasarkan pada prinsip Rahn (Syariah), bertujuan untuk mengatasi risiko keuangan yang sering dihadapi oleh UMKM, termasuk unsur riba dan risiko keuangan lainnya. Keunggulan utama dari KUR Syariah Pegadaian terletak pada pendekatannya yang mengikuti prinsip-prinsip keuangan Islami.

Melalui penerapan sistem hasil yang dapat diandalkan dan menguntungkan yang sesuai dengan prinsip Islam, program ini membantu usaha kecil dan menengah (UMKM).

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah