Update Terbaru Bansos BPNT 2024, Apa Tanda-tanda Pencairan Dana BLT Rp400 Ribu Siap Dicairkan?

- 9 Januari 2024, 11:50 WIB
Foto Ilustrasi : Cek Kapan BPNT Januari 2024  / Update Terbaru Bansos BPNT 2024, Apa Tanda-tanda Pencairan Dana BLT Rp400 Ribu Siap Dicairkan?
Foto Ilustrasi : Cek Kapan BPNT Januari 2024 / Update Terbaru Bansos BPNT 2024, Apa Tanda-tanda Pencairan Dana BLT Rp400 Ribu Siap Dicairkan? /

OKE FLORES.COM - Pada tahun-tahun sebelumnya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino menjadi salah satu upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh kondisi cuaca ekstrim, seperti kekeringan yang terjadi selama fenomena El Nino.

 

Untuk mengetahui apakah BLT El Nino 2023 KKS BRI sudah dicairkan atau belum, penting untuk mengikuti informasi terkini yang diberikan oleh pemerintah, lembaga terkait, atau melalui portal resmi yang menyediakan informasi terbaru mengenai program bantuan tersebut. Biasanya, informasi ini diumumkan melalui media massa, situs web resmi pemerintah, atau melalui kantor-kantor terkait seperti BRI.

Diketahui pemerintah telah mencairkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino 2023 ke Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS BNI pada Kamis, 14 Desember 2023. Namun sejauh ini BLT El Nino 2023 baru cair ke KKS BNI di daerah Pekalongan, sedangkan KKS BRI di wilayah serupa dan lainnya masih kosong. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa BLT El Nino 2023 KKS BRI belum cair sampai hari ini.

Baca Juga: TERBARU!! KJP Plus Hari Ini, 9 Januari 2024 Cair Ke Rekening, Cek Besaran Dana yang Diterima

Namun masyarakat pemegang KKS BRI tak perlu khawatir karena nantinya BLT El Nino 2023 akan cair sepanjang Anda terdaftar sebagai penerima bansos ini karena memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pemerintah. Kriteria penerima BLT El Nino adalah masyarakat yang terdaftar sebagai penerima BPNT dan PKH, sedangkan KPM PKH murni tidak. Sesuai dengan pengumuman dari pemerintah sebelumnya, besaran BLT El Nino yakni Rp400.000 per penerima.

 

Nominal tersebut merupakan akumulasi bantuan bulan November dan Desember 2023 yang disalurkan secara sekaligus. Selain KKS BNI, BRI, bantuan yang digulirkan sebagai bantuan kekeringan akibat fenomena El Nino ini juga cair ke KKS Mandiri dan BSI khusus wilayah Aceh. Pencairan ke KKS dilakukan oleh Himbara (Himpunan Bank Negara) sesuai dengan bank penyalur yang tertera di Kartu Keluarga Sejahtera.

Tidak hanya via Himbara, rupanya pemerintah juga menyalurkan dana BLT El Nino lewat Kantor Pos bagi penerima yang tak memiliki KKS. Sampai hari ini sendiri BLT El Nino 2023 baik yang disalurkan lewat Himbara atau Kantor Pos baru cair di daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Kemungkinan dalam waktu dekat, BLT El Nino 2023 akan cair secara merata di berbagai daerah lain baik yang lewat Kantor Pos atau Himbara ke ke KKS BRI, BNI, Mandiri dan BSI. Demikian informasi soal BLT El Nino 2023 KKS BRI sudah cair atau belum dan kriteria penerima bansos.***

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x