Jadwal Penyaluran Bantuan Sosial 2024: Panduan Daftar, Cek, dan Mendaftar secara Online

- 5 Januari 2024, 17:57 WIB
Bantuan Tambahan Rp 900 Ribu untuk KPM BPNT, Pencairan Dimulai Januari 2024
Bantuan Tambahan Rp 900 Ribu untuk KPM BPNT, Pencairan Dimulai Januari 2024 /Istimewa/

OKE FLORES.COM - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program yang dinanti-nantikan oleh masyarakat kurang mampu di Indonesia. Dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos), BPNT menjadi salah satu solusi penting untuk menyediakan bantuan pangan bagi mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Anda berminat menjadi penerima BPNT pada tahun 2024, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar, termasuk cara daftar, nominal bantuan yang diberikan, dan sistem pencairannya.

DTKS yaitu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang pada intinya bertugas untuk mendata, mengelola, menguji kelayakan dan uji seleksi semua calon penerima BPNT atau bansos-bansos lainnya di 2024.

Baca Juga: Kalender 2024 Informasi Lengkap Jadwal dan Skema Pencairan Bansos PKH Hingga BPNT 2024, Catat!

Dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk calon penerima BPNT 2024 untuk mendaftar yaitu hanya KTP saja atau NIK KK.Merujuk pada nominal pencairan tahun lalu, ada kemungkinan besar jumlah nominal BPNT yang akan dicairkan sebesar Rp200.000 per bulannya.

Namun anda perlu memperhatikan sistem pencairan masing-masing wilayah domisili tempat tinggal anda karena itu tergantung dari kebijakan pemerintahan setempat.

Ada beberapa wilayah provinsi di Indonesia yang langsung dicairkan Rp600.000 untuk rapelan per tiga bulan, namun ada juga yang dicairkan per dua bulan senilai Rp400.000.

Dana BPNT 2024 ini nantinya bisa anda cairkan melalui Bank Himbara seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan BSI khusus wilayah Aceh.

Bagi anda yang tidak memiliki salah satu rekening Bank Himbara diatas jangan khawatir karena anda dapat mencairkan nya melalui Kantor Pos Indonesia terdekat.

Selain itu ada hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum mendaftar yaitu kapan DTKS membuka gelombang pendaftaran nya melalui informasi yang diumumkan melalui media sosial resmi Kemensos.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x