BPNT 2024 Cair Tanggal Berapa? Ini Estimasinya

- 10 Januari 2024, 10:24 WIB
Cek Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT di Aceh Tahun 2024 di Sini
Cek Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT di Aceh Tahun 2024 di Sini /Istimewa/

OKE FLORES.COM - Pada awal tahun 2024, kabar gembira menyapa para penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di seluruh Indonesia.

Program ini telah menjadi penopang utama bagi banyak keluarga yang membutuhkan, memberikan akses terhadap bahan pangan yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Peran BPNT dalam Kesejahteraan Masyarakat

BPNT telah membuktikan dirinya sebagai inisiatif yang luar biasa dalam mengatasi masalah kelaparan dan kekurangan pangan di berbagai lapisan masyarakat. Bantuan ini tidak hanya memberikan makanan, tetapi juga memastikan bahwa bantuan yang diberikan berkelanjutan dan tepat sasaran.

Baca Juga: Harga Emas Antam di Pegadaian Turun Hari Ini, UBS Justru Naik

Dalam keberlangsungannya, BPNT telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan mengalokasikan bantuan melalui kartu yang dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis makanan di sejumlah toko atau warung pilihan, program ini memberikan kebebasan kepada penerima manfaat untuk memilih makanan sesuai kebutuhan mereka. 

Apabila merujuk pada pencairan tahun sebelumnya, BPNT cair dalam beberapa periode, per dua bulan atau tiga bulan pencairan dengan nominal Rp200.000 per bulan. BPNT ini disalurkan kepada penerima manfaat melalui Kantor Pos atau Bank Himbara.
Selanjutnya penerima BPNT bisa memanfaatkan dana bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti minyak goreng hingga beras. Lalu BPNT 2024 kapan cair dan tanggal berapa? Untuk pencairan BPNT 2024 belum bisa dipastikan tepat cair di tanggal tertentu.

Namun BPNT 2024 ini banyak diestimasikan untuk disalurkan hingga tanggal 31 Januari 2024.

Masyarakat bisa mengecek status penerimaan BPNT 2024 langsung di cekbansos.kemensos.go.id. Ada dua cara untuk mengecek BPNT 2024, yakni melalui web cekbansos.kemensos.go.id dan Aplikasi Cek Bansos.

Seperti yang diketahui, jika BPNT sudah cair maka penerima manfaat akan mendapat surat undangan dari RW untuk melakukan proses pencairan bantuan. Kemudian bagi penerima BPNT yang lanjut usia atau penyandang disabilitas, bantuan akan diantarkan oleh petugas terkait. ***

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah