Bantuan KIS PBI JK 2024 kapan cair? Simak Jadwal Pencairan di Januari 2024 dan Syarat Penerima Bansos di Sini

- 23 Januari 2024, 08:43 WIB
Kapan dan Bagaimana cara mencairkan bantuan PBI JK, Berapa nominal yang akan didapat
Kapan dan Bagaimana cara mencairkan bantuan PBI JK, Berapa nominal yang akan didapat /

OKE FLORES.COM - Bantuan Sosial PBI JK 2024 menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap layanan kesehatan. Dengan perubahan dan peningkatan yang diterapkan, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang lebih besar pada kesejahteraan masyarakat.

Penerima bantuan disarankan untuk terus mengikuti perkembangan informasi terkait agar dapat memanfaatkan program ini secara maksimal.

Bansos PBI JK 2024 jadi salah satu bantuan yang pemerintah berikan kepada masyarakat penerima manfaat yang membutuhkan bantuan. Adapun pencairan bansos PBI JK 2024 ini akan dicairkan secara rutin setiap bulannya. Berbeda dengan bansos PKH dan BPNT yang cair dalam bentuk uang tunai, bansos PBI JK 2024 ini tidak bisa dicairkan secara tunai melainkan akan langsung disalurkan sebagai iuran BPJS Kesehatan agar masyarakat penerimanya bisa mendapat layanan kesehatan secara gratis.

Baca Juga: Scan QRIS atau Klik Link DANA Kaget: Pengguna DANA Bisa Klaim Saldo Gratis Lewat Fitur Ini

Dengan begitu, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos PBI JK 2024 tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan karena iuran tersebut akan dibayar oleh pemerintah melalui bansos PBI JK 2024. Masyarakat yang bisa menerima bansos PBI JK 2024 adalah masyarakat yang terdaftar di DTKS Kemensos, memiliki SKTM, dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya terdaftar di DTKS Kemensos sebagai penerima bansos PBI JK 2024 atau tidak, segera lakukan cek daftar penerimanya di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Penerima Bansos PBI JK 2024

1. Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Isi alamat lengkap mulai dari nama provinsi hingga nama kelurahan

3. Isi nama lengkap penerima bansos PBI JK 2024 sesuai KTP
4. Masukan kode captcha
5. Klik cari data

Apabila masyarakat mendapatkan status “YA” pada kolom PBI JK, itu artinya masyarakat terdaftar sebagai penerima bansos PBI JK 2024. Adapun bagi masyarakat yang ingin menggunakannya, masyarakat harus mengunduh aplikasi mobile JKN dan menggunakan kartu digital PBI JK.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah