PIP Kemdikbud 2024 Cair Rp 1,8 Juta, CEK Data Siswa Pakai NIK NISN di sini...

- 5 Februari 2024, 15:06 WIB
PIP Kemdikbud 2024 Cair Rp 1,8 Juta, CEK Data Siswa Pakai NIK NISN Disini...
PIP Kemdikbud 2024 Cair Rp 1,8 Juta, CEK Data Siswa Pakai NIK NISN Disini... /PemDes Bungko

OKE FLORES.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperkenalkan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024 sebagai bagian dari upaya meningkatkan akses pendidikan dan kesejahteraan siswa.

Salah satu inovasi terbaru adalah pemberian bantuan sebesar Rp 1,8 juta kepada siswa yang memenuhi syarat, dengan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk proses verifikasi data.

Proses pendaftaran dan pengecekan data siswa PIP Kemdikbud 2024 dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Hal ini memastikan bahwa bantuan disalurkan kepada siswa yang memenuhi kriteria dan terdaftar secara valid dalam sistem pendidikan nasional.

Baca Juga: Alhamdulillah! Honorer yang Masuk Database BKN Otomatis Diangkat ASN PPPK, Kemenag Paling Banyak

Siswa yang memenuhi syarat dan terdaftar dalam program PIP akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 1,8 juta. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan dan kebutuhan lainnya, sehingga siswa dapat fokus pada proses belajar mengajar tanpa terkendala ekonomi.

Pemberian bantuan uang tunai PIP Kemdikbud 2024 akan dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Proses penyaluran melalui lembaga perbankan ini diharapkan dapat memastikan keamanan dan transparansi dalam penyaluran dana.

Sedangkan untuk siswa SD dan SMP nominalnya berbeda. Berikut rincian besaran bantuan PIP Kemdikbud 2024:

- Siswa SD/SDLB/Paket A: Menerima Rp 450.000 per tahun; siswa baru dan siswa kelas akhir menerima Rp 225.000.

- Siswa SMP/SMPLB/Paket B: Menerima Rp 750.000 per tahun; siswa baru dan siswa kelas akhir menerima Rp 375.000.

- Siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C: Menerima Rp 1.800.000 per tahun; siswa baru dan siswa kelas akhir, sebelumnya mendapatkan setengah dari penerimaan siswa baru.

Tanda PIP Kemdikbud 2024 Sudah Cair Pemerintah akan melakukan pencairan PIP Kemdikbud 2024 Rp 1,8 juta kepada siswa yang sudah memiliki rekening SimPe BNI, BRI, dan BSI yang telah aktif.

Artinya, siswa sudah melakukan aktivasi di bank penyalur agar rekening dapat digunakan untuk ambil bantuan.

Selain itu, jika sudah aktivasi rekening siswa bisa langsung dapat SK Pemberian sebagai tanda PIP Kemdikbud 2024 termin Februari sudah cair. Siswa dapat cek SK Pemberian pakai NIK NISN lewat HP melalui link pip.kemdikbud.go.id dengan mengikuti cara berikut ini:

1. Buka browser di HP atau PC

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah