Apakah Pengobatan Pasien Diabetes Ditanggung BPJS Kesehatan?

- 10 Februari 2024, 10:00 WIB
Apakah Bisa Pakai BPJS Kesehatan Tidak Sesuai Faskes? Begini Aturannya
Apakah Bisa Pakai BPJS Kesehatan Tidak Sesuai Faskes? Begini Aturannya /

OKE FLORES.COM - Diabetes melitus bukanlah masalah sepele Ini adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan konsekuensi yang mematikan jika tidak dikelola dengan baik.

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan mendukung penelitian untuk pengembangan terapi yang lebih baik, kita dapat bergerak menuju upaya yang lebih efektif dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.

Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan, dan mengambil langkah-langkah sekarang dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang serius di masa depan.

Baca Juga: PEMILIK Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan Dapat BLT Segera Cair ke Rekening Hari Ini, 7 Februari 2024

Berdasarkan data Kemenkes yang diperoleh dari Sample Registration Survey 2014 menunjukkan sebanyak 6,7 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit diabetes.

Adapun data dari Kemenkes tersebut, dimana penyakit diabetes melitus menduduki sebagai penyebab kematian terbesar nomor 3. 

Menurut laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 Kemenkes, penyakit diabetes paling banyak diderita yang berusia 15 tahun ke atas.

Perlu diketahui bahwa secara umum, diabetes ini dapat dibedakan menjadi 2, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. 

Sedangkan data International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2021 terus meningkat dalam satu dekade terakhir.

Diperkirakan jumlah tersebut mencapai sebanyak 28,57 juta orang pada tahun 2045 atau lebih besar 47 persen dibandingkan dengan tahun 2021, yakni 19,47 juta jiwa. 

Menjadi penyakit yang mematikan, apakah diabetes termasuk penyakit yang pengobatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui program JKN? 

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x