Pencairan Bansos PKH dan BPNT Tahap 1 2024 Kembali Dimulai: Cek Status Penerima Anda Sekarang di Link Ini!

- 20 Februari 2024, 09:43 WIB
Ilustrasi penyaluran bansos BPNT dan PKH lewat PT Pos Indonesia
Ilustrasi penyaluran bansos BPNT dan PKH lewat PT Pos Indonesia /

OKE FLORES.COM - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Salah satu dampak yang paling terasa adalah dalam hal ekonomi, di mana banyak orang kehilangan pekerjaan atau penghasilan mereka.

Untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai program bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca Juga: BPNT di Jawa Barat Apakah Sudah Cair untuk Bulan Februari 2024? Simak Infonya di Sini

Namun, pelaksanaan program-program tersebut tidak selalu berjalan lancar, terutama di tengah dinamika politik yang ada.

Pada tahun 2024, penyaluran bansos PKH dan BPNT tahap pertama mengalami penundaan karena adanya Pemilihan Umum yang diadakan.

Penundaan ini membuat sejumlah penerima manfaat yang sudah menanti bantuan tersebut merasa khawatir akan kondisi keuangan mereka.

Seseorang yang belum menerimanya hingga awal Februari dijamin akan menerima bantuan hingga Rp600.000, tergantung pada kategorinya.

Sementara penerima manfaat BPNT tidak termasuk keluarga yang tidak mampu atau rentan tidak mampu yang terdaftar di DTKS, penerima manfaat PKH termasuk ibu hamil, balita, siswa SD, SMP, dan SMA, serta lanjut usia.

Penerima bansos BPNT tahap 1 2024 mendapatkan dana bantuan sebesar Rp200.000 per bulan jika mereka dirapel menjadi Rp400.000 selama dua bulan dan Rp600.000 selama tiga bulan.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah