TERBARU! Berikut Program yang Cair Bulan Februari 2024, Siap-siap Lakukan Pencairan

- 26 Februari 2024, 12:50 WIB
 Kemenkeu gelontorkan Rp17,5 triliun untuk bansos beras, daging ayan dan telur bagi 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM)
Kemenkeu gelontorkan Rp17,5 triliun untuk bansos beras, daging ayan dan telur bagi 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) /Facebook/

OKE FLORES.COM - Pada bulan Februari 2024, program bantuan sosial atau yang sering disebut sebagai Bansos masih menjadi perhatian utama pemerintah dalam upaya mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Masyarakat diharapkan untuk aktif melakukan pengecekan terkait cairan bansos pada hari ini dan memastikan bahwa bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Beberapa program bansos yang biasanya dijalankan oleh pemerintah Indonesia adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Maria Nainggolan Salah Satu Caleg DPR RI dari Dapil NTT 1 dan 2 yang Memiliki Peluang Besar untuk Lolos

  1. Program Keluarga Harapan (PKH): PKH merupakan program bantuan tunai yang diberikan kepada keluarga miskin dan rentan. Dalam program ini, penerima manfaat akan mendapatkan bantuan secara berkala dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memberikan akses pendidikan dan kesehatan yang lebih baik.

  2. Bantuan Langsung Tunai (BLT): BLT diberikan kepada keluarga prasejahtera yang terdampak langsung oleh situasi ekonomi sulit, terutama selama masa pandemi COVID-19. Pencairan BLT bertujuan memberikan bantuan tunai kepada keluarga yang membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.

  3. Program Sembako: Program sembako memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini membantu meringankan beban ekonomi keluarga yang terdampak pandemi dengan memberikan akses terhadap kebutuhan pangan yang cukup dan berkualitas.

  4. Bansos Produktif: Pemerintah juga menggalakkan program bansos produktif untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dalam program ini, bantuan tidak hanya bersifat konsumtif, tetapi juga diarahkan untuk mendukung usaha kecil dan menengah serta membangun kemandirian ekonomi keluarga.

  5. Bantuan Khusus COVID-19: Seiring berlanjutnya pandemi COVID-19, pemerintah terus memperbarui kebijakan bansos, termasuk penambahan bantuan khusus bagi masyarakat yang terdampak langsung oleh pandemi. Hal ini mencakup bantuan kesehatan, perlindungan sosial, dan stimulus ekonomi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah