Waduh! Program Bansos Pangan Batas Juni, Mengapa? Ini Faktanya...

- 26 Maret 2024, 09:22 WIB
Foto: Program Bansos Pangan Batas Juni, Mengapa?
Foto: Program Bansos Pangan Batas Juni, Mengapa? /ilustrasi/

 

OKE FLORES.COM - Presiden Joko Widodo mengumumkan kebijakan yang menyedihkan bagi jutaan warga Indonesia yang terdampak pandemi dan krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Kebijakan tersebut mengejutkan banyak pihak karena pemberian bantuan sosial (bansos) pangan hanya akan berlangsung hingga bulan Juni tahun yang sama.

Keputusan ini menciptakan gelombang kekecewaan dan kekhawatiran di kalangan masyarakat yang bergantung pada bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Baca Juga: Jelang Lebaran Idul Fitri 2024, 5 Program Bansos Dijadwalkan Cair

Sejak awal pandemi COVID-19 pada tahun 2020, banyak keluarga Indonesia telah bergantung pada bantuan sosial untuk bertahan hidup karena dampak ekonomi yang merugikan.

Namun, kebijakan ini tidak datang tanpa alasan. Pemerintah mengklaim bahwa sumber daya terbatas dan tekanan fiskal yang meningkat telah memaksa mereka untuk mengurangi masa bansos pangan.

Selain itu, pemerintah juga berargumen bahwa upaya pemulihan ekonomi perlu diprioritaskan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bantuan sosial jangka panjang.

Faktanya, kebijakan ini menggarisbawahi kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam menangani krisis ganda yang terjadi, yaitu kesehatan dan ekonomi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x