Simak Berikut ini Cara Cekbansos.Kemensos.go.id 2023-2024 Menggunakan NIK KTP Pribadi

- 13 April 2024, 10:35 WIB
Ilustrasi penyaluran bansos BPNT kepada KPM.
Ilustrasi penyaluran bansos BPNT kepada KPM. /Kemensos

OKE FLORES.COM - Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program bantuan sosial.

Salah satu inisiatif yang dijalankan adalah Sistem Informasi dan Komunikasi Terpadu untuk Penanganan Fakir Miskin (SIKS-NG) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Bagi individu yang sebelumnya telah mendaftarkan diri menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada platform tersebut, kini ada kemudahan baru untuk memeriksa status bantuan sosial yang mereka terima.

Baca Juga: KUR BRI Ingin Pinjam 100 Juta Tanpa Riba? BSI Jawabannya, Cek Tabel Simulasinya Disini

Namun, jika Anda adalah pendaftar baru untuk KPM periode 2024, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di DTKS Kemensos atau Aplikasi Cek Bansos.

Namun, jika Anda telah terdaftar sebagai penerima bansos dan dibuktikan dengan pemeriksaan di link resmi cekbansos.kemensos.go.id dari tahun 2023 hingga 2024, dan ingin memperbarui data NIK KTP Anda di tahun 2024, Anda dapat pergi ke situs link SIKS-NG Cek Bansos Kementerian Sebagai informasi, bansos PBI JK atau KIS, BPNT, PKH, BLT Imitigasi Risiko Pangan, dan bansos PKD melalui KLJ dan lainnya akan dibayarkan pada bulan April 2024.

Setelah data NIK KTP masyarakat memenuhi syarat, Kemensos akan segera mengirimkan bansos tersebut.

Untuk menjadi penerima bansos periode 2023–2024, calon KPM harus memenuhi syarat-syarat berikut:

mereka harus berasal dari keluarga yang tidak mampu atau kesulitan memenuhi kebutuhan hidup mereka data NIK KTP pribadi mereka harus asli dan Berkewanegeraan Indonesia dan kelurahan harus memastikan bahwa mereka layak sebagai penerima bansos 2023–2024.

Baca dengan cermat instruksi berikut untuk mengakses cekbansos.kemensos.go.id dari tahun 2023 hingga 2024 menggunakan NIK KTP pribadi:

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x