Cara Baru Mencegah Gigi Berlubang yang Bekerja Lebih Baik daripada Tambalan

- 2 Juni 2023, 13:59 WIB
Cara Baru Mencegah Gigi Berlubang yang Bekerja Lebih Baik daripada Tambalan
Cara Baru Mencegah Gigi Berlubang yang Bekerja Lebih Baik daripada Tambalan /Pexels/Andrea Piacquadio/

GAYA HIDUP, OKE FLORES.COM - Metode penambalan gigi tetap menjadi solusi yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan untuk mengurangi resiko atau mengobati kerusakan gigi (karies) Namun, sebuah studi baru-baru ini telah menemukan cara baru untuk mencegah gigi berlubang yang memiliki efek yang sama.

Metode baru yang dimaksud menggunakan cairan antimikroba silver diamine fluoride (SDF), yang menyebar seperti pasta gigi saat Anda menyikat gigi.

Selain mudah digunakan, SDF dikatakan memiliki keunggulan lain yaitu mudah tersedia dengan biaya yang relatif rendah atau hemat biaya.

Pada Senin, 6 Maret 2023, NYU College of Dentistry di Amerika Serikat (AS) telah menemukan bahwa SDF terbukti dapat menurunkan risiko gigi berlubang sebanyak 80 persen pada anak.

SDF juga disebut dapat menghentikan proses gigi berlubang untuk menjadi lebih parah atau lebih buruk pada 50 persen situasi.

Menurut NYU College of Dentistry di AS, pengaplikasian atau pemakaian SDF tidak perlu dilakukan oleh dokter gigi, tetapi cukup oleh perawat gigi saja. Hal itu berbanding terbalik dengan penambalan gigi yang perlu dilakukan oleh dokter spesialis.

Dalam penelitiannya, NYU College of Dentistry telah melakukan survei terhadap 3.000 anak pada 47 sekolah yang berada di Kota New York dan hal itu dilakukan dalam kurun waktu dua tahun.

Para siswa yang termasuk ke dalam survei itu berasal dari berbagai ras yang beragam. Mereka juga berasal dari keluarga yang punya penghasilan rendah.

Sejumlah sekolah yang berada di Kota New York tersebut, memilih secara acak siswanya untuk mendapatkan perawatan gigi sederhana menggunakan SDF atau perawata tambal gigi kompleks.

Halaman:

Editor: Sastriana Jedaun

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah