Menggosok Gigi Secara Berlebihan Ternyata Bisa Membuat Gigi Kuning

- 16 Agustus 2023, 13:34 WIB
Jangan lupa untuk sikat gigi di pagi hari dan jangan lupa juga untuk melatih kemampuan visual dengan tes IQ cari 4 perbedaan ini.
Jangan lupa untuk sikat gigi di pagi hari dan jangan lupa juga untuk melatih kemampuan visual dengan tes IQ cari 4 perbedaan ini. /Pixabay/Bucarama_Pics

OKE FLORES.COM - Gigi yang putih bersinar adalah dambaan banyak orang untuk menciptakan senyuman yang indah. Oleh karena itu, rutinitas menjaga kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi sangatlah penting.

Namun, ternyata menggosok gigi secara berlebihan juga dapat berdampak negatif, salah satunya adalah membuat gigi menjadi kuning.

Baca Juga: Resep Ampuh Minuman Herbal Pereda Flu

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa praktek menggosok gigi yang tidak tepat dapat mengakibatkan efek yang tidak diinginkan ini sepetti yang dilansir dari Pikiran-rakyat.com, Rabu, 16 Agustus 2023:

Apa yang Dimaksud dengan Gigi Kuning?

Gigi kuning adalah kondisi di mana gigi kehilangan keputihannya dan memperoleh warna kuning atau keabu-abuan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetika, pola makan, minuman berpigmen, merokok, dan juga kebiasaan menggosok gigi yang berlebihan.

Bahaya Menggosok Gigi Berlebihan

Menggosok gigi dengan terlalu keras atau terlalu sering mungkin terlihat sebagai tindakan yang baik dalam menjaga kebersihan gigi. Namun, ini sebenarnya dapat merusak lapisan luar gigi yang disebut enamel. Enamel gigi adalah lapisan keras yang melindungi gigi dari kerusakan dan berkontribusi pada warna putih alami gigi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah