WASPADA! Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Gak Mau Gigimu Cepat Rusak!

- 2 September 2023, 10:31 WIB
Ilustrasi orang mengunyah permen karet 
Ilustrasi orang mengunyah permen karet  /pexels @karolina grabowska/

OKE FLORES.COM - Gigi yang sehat adalah aset berharga bagi kesejahteraan kita. Mereka membantu kita untuk mengunyah makanan dengan baik, berbicara dengan jelas, dan tentu saja, memberikan senyuman yang menawan.

Namun, sayangnya, seringkali kita tidak menyadari bahwa makanan yang kita konsumsi dapat berdampak besar pada kesehatan gigi kita.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita konsumsi dengan bijak agar gigi kita tetap kuat dan sehat.

Baca Juga: Bisa Dijadikan Ide Bisnis: Berikut Aplikasi Online yang Menjual Foto dengan Bayaran Tertinggi

Berikut ini adalah lima makanan yang sebaiknya tidak sering Anda konsumsi jika Anda ingin menjaga gigi Anda tetap baik seperti yang dilansir dari Pikiran-rakyat.com, Sabtu, 2 September 2023:

  1. Permen dan Permen Karet

Permen dan permen karet adalah camilan yang enak, tetapi mereka juga merupakan salah satu musuh terbesar bagi gigi Anda. Kandungan gula dalam permen dapat memberi makan bakteri di mulut Anda, yang kemudian menghasilkan asam. Asam ini dapat merusak enamel gigi, menyebabkan gigi berlubang, dan akhirnya mengakibatkan kerusakan permanen pada gigi Anda.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, terutama yang mengandung gula tambahan, adalah pemicu utama kerusakan gigi. Gula dalam minuman ini bersatu dengan bakteri dalam mulut Anda, menciptakan asam yang dapat mengikis enamel gigi. Selain itu, minuman bersoda juga dapat mengandung asam fosforat, yang dapat merusak enamel secara langsung.

  1. Makanan Manis dan Klebrig

Makanan manis dan klebrig, seperti permen gummy, permen karamel, dan stik permen, dapat menempel pada gigi Anda untuk waktu yang lama. Ini memberikan waktu yang lebih lama bagi bakteri di dalam mulut Anda untuk merusak enamel gigi Anda. Jika Anda makan makanan seperti ini, pastikan untuk menyikat gigi Anda segera setelahnya atau berkumur dengan air untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah