Hindari 6 Makanan Ini untuk Kesehatan Gigi Si Kecil Anda

- 18 Oktober 2023, 11:21 WIB
 Ilustrasi memelihara gigi anak.
Ilustrasi memelihara gigi anak. /

OKE FLORES.COM - Gigi adalah aset berharga yang perlu dijaga sejak usia dini. Kesehatan gigi si kecil adalah tanggung jawab orangtua, dan makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting dalam menjaga gigi mereka tetap kuat dan sehat.

Beberapa makanan dan minuman, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, dapat merusak gigi anak-anak.

Untuk membantu Anda menjaga kesehatan gigi si kecil, berikut adalah 6 makanan yang sebaiknya dihindari seperti yang dilansir dari Sonora.id, Rabu, 18 Oktober 2023:

Baca Juga: Sumber Protein Berkualitas: Inilah Salah Satu Manfaat Ulat Sagu, Kuliner dari Papua yang Berkhasiat bagi Tubuh

1. Permen dan Permen Karet

Permen dan permen karet adalah makanan favorit anak-anak, tetapi mereka juga salah satu penyebab utama kerusakan gigi. Gula dalam permen memberi makan bakteri dalam mulut, yang kemudian menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi. Jika si kecil ingin sesuatu manis, lebih baik memberi mereka alternatif seperti buah segar yang kaya serat dan gizi.

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung asam dan gula yang tinggi, yang bisa merusak gigi. Asam dalam minuman bersoda dapat mengikis enamel gigi, sementara gula menjadi makanan bagi bakteri dalam mulut. Ini bisa mengakibatkan pembentukan plak dan kerusakan gigi. Sebaiknya, gantilah minuman bersoda dengan air atau susu untuk menjaga kesehatan gigi si kecil.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: sonora.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah