Inilah Mitos Sakit Gigi yang Sering Membingungkan

- 11 Desember 2023, 09:46 WIB
Ilustrasi sakit gigi.
Ilustrasi sakit gigi. /Pexels/Andrea Piacquadio/

OKE FLORES.COM - Sakit gigi seringkali menjadi masalah yang tidak hanya menyakitkan secara fisik, tetapi juga muncul dengan segudang mitos dan kesalahpahaman di sekitarnya.

Meskipun telah ada pengetahuan yang cukup tentang kesehatan gigi, beberapa mitos terus bertahan dan bahkan membingungkan banyak orang.

Mari kita telaah beberapa di antaranya untuk memahami realitas di balik sakit gigi.

1. "Sakit gigi hanya disebabkan oleh gigi berlubang."

Salah satu mitos paling umum adalah mengaitkan semua rasa sakit pada gigi dengan lubang atau karies. Padahal, ada banyak penyebab lain dari sakit gigi, termasuk infeksi gusi, gigi yang retak, gigi sensitif akibat ausnya lapisan enamel, serta masalah pada sinus yang bisa menimbulkan rasa sakit yang terasa seperti sakit gigi.

2. "Menyikat gigi dengan keras lebih baik untuk membersihkan gigi."

Mitos ini berbahaya karena menyikat gigi dengan terlalu keras dapat merusak lapisan enamel, bahkan menyebabkan masalah seperti sensitivitas gigi dan masalah gusi. Yang penting bukan kekuatan dalam menyikat, melainkan teknik yang tepat dan penggunaan sikat gigi yang tepat.

3. "Clove oil atau minyak cengkeh adalah obat mujarab untuk sakit gigi."

Meskipun minyak cengkeh memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan rasa sakit sementara, itu bukanlah solusi jangka panjang untuk masalah gigi. Menggunakan minyak cengkeh secara berlebihan atau tanpa petunjuk dokter juga dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan jaringan mulut lainnya.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Halosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah