Tips Memutihkan Gigi: Metode Alami dan Medis yang Efektif

- 10 Januari 2024, 10:23 WIB
ilustrasi gigi putih
ilustrasi gigi putih /orami

OKE FLORES.COM - Senyuman yang cerah seringkali menjadi faktor utama dalam meningkatkan percaya diri seseorang. Gigi yang putih bersih bukan hanya menambah pesona tetapi juga mencerminkan kesehatan mulut yang baik. Ada berbagai cara untuk memutihkan gigi, mulai dari metode alami hingga intervensi medis yang lebih canggih.

Metode Alami:

  1. Sikat Gigi dengan Benar: Pembersihan gigi yang teratur dan tepat adalah langkah pertama. Gunakan pasta gigi berkualitas tinggi yang mengandung bahan pemutih atau baking soda yang membantu menghilangkan noda.

  2. Minyak Kelapa: Oil pulling dengan minyak kelapa bisa membantu mengurangi bakteri dan plak pada gigi, yang dapat menyebabkan warna kuning.

  3. Jeruk Nipis atau Kulit Pisang: Menggosok gigi dengan kulit pisang atau menggunakan campuran perasan jeruk nipis dengan sedikit baking soda dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

  4. Kurangi Makanan dan Minuman yang Berpotensi Mewarnai Gigi: Kopi, teh, anggur merah, dan minuman berwarna gelap lainnya bisa meninggalkan noda pada gigi. Hindari konsumsi berlebihan dan jika mungkin, sikat gigi setelah mengonsumsinya.

Metode Medis:

  1. Penggunaan Gel Pemutih Gigi: Ada banyak produk di pasaran yang mengandung bahan kimia pemutih. Gunakanlah sesuai petunjuk dokter gigi atau produsen untuk hasil yang aman dan efektif.

  2. Bleaching Gigi: Prosedur ini dilakukan di klinik oleh dokter gigi. Mereka menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi secara intensif dan cepat.

  3. Veneer atau Laminasi: Ini adalah opsi yang lebih permanen di mana lapisan tipis bahan seperti porselen ditempelkan ke permukaan gigi untuk meningkatkan warna dan bentuk gigi.

  4. Laser atau Cahaya LED: Beberapa klinik menggunakan teknologi cahaya khusus untuk meningkatkan efek dari bahan pemutih yang digunakan pada gigi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Fimela.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah