Fluoride Treatment: Jenis Perawatan Gigi yang Ditanggung oleh BPJS Kesehatan

- 26 Januari 2024, 13:12 WIB
Ilustrasi perawatan gigi./Berikut 7 Cara Merawat Gigi Secara Teratur Biar Sehat dan Bersih
Ilustrasi perawatan gigi./Berikut 7 Cara Merawat Gigi Secara Teratur Biar Sehat dan Bersih /Pexels/

OKE FLORES.COM - Kesehatan gigi merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang sering mengabaikan perawatan gigi karena biaya yang tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, BPJS Kesehatan menyediakan fasilitas perawatan gigi untuk masyarakat. Artikel ini akan membahas jenis-jenis perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

1. Pemeriksaan Gigi Berkala

Salah satu jenis perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah pemeriksaan gigi berkala. Masyarakat yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dapat melakukan pemeriksaan gigi rutin secara gratis. Pemeriksaan gigi ini bertujuan untuk mendeteksi masalah gigi secara dini sehingga penanganan dapat dilakukan sejak awal.

2. Fluoride Treatment

Penggunaan fluoride pada gigi dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan melindungi enamel gigi. BPJS Kesehatan menyediakan fasilitas fluoride treatment untuk pesertanya. Prosedur ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Pembersihan Karang Gigi

Pembersihan karang gigi atau scaling juga termasuk dalam jenis perawatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Scaling berguna untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gigi berlubang hingga masalah gusi.

4. Penambalan Gigi

Jika terdapat gigi yang mengalami kerusakan atau berlubang, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya penambalan gigi. Penambalan gigi dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada enamel dan mencegah perkembangan kerusakan lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah