WOW! Ilmuwan Ciptakan Sapi yang Bisa Hasilkan Insulin untuk Diabetes

- 20 April 2024, 10:39 WIB
Mengenal Brown Swiss, Sapi Perah Tertua di Dunia Dari Pegunungan Alpen
Mengenal Brown Swiss, Sapi Perah Tertua di Dunia Dari Pegunungan Alpen /ilustrasi/

OKE FLORES.COM - Diabetes, salah satu penyakit kronis yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, terus menjadi fokus penelitian ilmiah untuk menemukan solusi yang lebih efektif.

Salah satu terobosan terbaru yang menjanjikan datang dari dunia bioteknologi, di mana ilmuwan telah berhasil menciptakan sapi yang mampu menghasilkan insulin, hormon kunci yang diperlukan oleh penderita diabetes.

Insulin merupakan hormon vital yang diproduksi oleh pankreas. Pada individu dengan diabetes, tubuh tidak mampu memproduksi atau menggunakan insulin dengan efektif, yang menyebabkan masalah dalam pengaturan gula darah.

Baca Juga: Berikut Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kesehatan Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Sebagai respons terhadap tantangan ini, para ilmuwan telah mencari cara inovatif untuk menghasilkan insulin dengan cara yang lebih efisien dan murah.

Bagaimana Sapi Menghasilkan Insulin?

Dalam penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan di sebuah laboratorium bioteknologi terkemuka, mereka berhasil menggunakan teknologi rekayasa genetika untuk menyuntikkan gen insulin manusia ke dalam genom sapi. Proses ini memungkinkan sapi untuk memproduksi insulin manusia dalam jumlah yang signifikan melalui susu mereka.

Manfaat bagi Penderita Diabetes

Terobosan ini menjanjikan berbagai manfaat bagi penderita diabetes:

  1. Insulin yang Lebih Murah: Menggunakan sapi sebagai "pabrik" insulin dapat mengurangi biaya produksi secara signifikan dibandingkan dengan cara konvensional yang melibatkan produksi insulin dalam laboratorium.

  2. Ketersediaan yang Lebih Luas: Dengan sapi yang menghasilkan insulin, ketersediaan hormon ini bisa diperluas ke wilayah-wilayah di mana akses terhadap obat-obatan mungkin terbatas.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah