Bupati Manggarai Barat Jelaskan Pokok Persoalan Warga Translok

- 22 September 2023, 11:55 WIB
Bupati Manggarai Barat Jelaskan Pokok Persoalan Warga Translok
Bupati Manggarai Barat Jelaskan Pokok Persoalan Warga Translok /

LABUAN BAJO, OKE FLORES.COM - Bupati Manggarai Barat (Mabar), Edistasius Endi menjelaskan pokok persoalan yang dialami warga Translok (Transmigrasi Lokal) di Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT soal 200 Sertifikat Hak Milik (SHM) yang tak kunjung dibagikan.

Ditemui di kantornya pada Kamis, 21 September 2023 bupati Edistasius menjelaskan bahwa transmigrasi Nggorang yang masuk wilayah Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, terjadi sejak 1997 dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 200.

"Pembagian lahan saat itu terbagi menjadi 3 yaitu lahan pekarangan 0,5 Ha per kk dan lahan usaha 1 masing 0,5 Ha juga. Sementara untuk lahan usaha 2 belum diketahui lokasinya namun sertifikatnya telah ada sebanyak 146 sertifikat yang telah diterbitkan oleh BPN Pemprov NTT," ungkap Edi Endi sapaan akrab Bupati Mabar.

Baca Juga: Warga Kalirejo Mengapresiasi Kegiatan 'Sinau Bareng GUSDURian' Komunitas GUSDURian Pare

Untuk lahan pekarangan, terdapat 200 sertifikat dengan rincian: 191 sertifikat sudah dibagikan kepada warga dan 9 lainnya belum dengan rincian; 5 sertifikat belum dibagikan karena nama sertifikat dan orang yang menguasai lahan berbeda, sehingga harus menunggu persoalan selesai baru dibagikan.

3 lainnya karena yang bersangkutan tidak hadir saat pembagian sertifikat pada 1 Februari 2012 (Sesuai laporan Kepala Dinas Sosnakertrans Almarhum Thomas Alex Subino) 30 April 2012. Sementara 1 Sertifikat belum dibagikan karena persoalan ahli waris.

Untuk lahan usaha 1

Sertifikat diterbitkan sebanyak 135 bidang dan telah dibagikan pada 30 April 2012 sebanyak 124 sertifikat. Satu sertifikat telah dibagikan pada 14 September 2022 atas nama Taufik.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah