Inilah Strategi Pendanaan Indonesia untuk Penanggulangan Bencana

- 11 Juli 2023, 09:54 WIB
Inilah Strategi Pendanaan Indonesia untuk Penanggulangan Bencana
Inilah Strategi Pendanaan Indonesia untuk Penanggulangan Bencana /

OKEFLORES.com - Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menyelenggarakan seminar tentang Implementasi Kebijakan Perlindungan Sosial Adaptif (ASP) dan Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana (DRFI) di Indonesia di Yogyakarta Pada Senin, 10 Juli 2023.

Tujuan dari seminar, yang merupakan bagian dari pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM), adalah untuk memberikan update tentang penerapan strategi DRFI dan sinerginya dengan peta jalan ASEAN Sustainable Partnership (ASP) untuk melindungi negara dan masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah, serta aset Indonesia lebih baik dari bencana alam.

“Rentetan bencana alam yang terjadi dengan besarnya kerugian ekonomi memicu Pemerintah Indonesia untuk mengeluarkan Strategi Pembiayaan dan Asuransi Risiko Bencana (PARB) atau Disaster Risk Financing and Insurance (DRFI) di akhir tahun 2018,” kata Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Kemenkeu Parjiono. Dalam acara tersebut, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Istimewa Yogyakarta Wiyos Santoso turut menyampaikan sambutan sebagai perwakilan tuan rumah dilansir dari kemenkeu.go.id, Selasa, 11 Juli 2023.

Baca Juga: Bantuan PIP 1 Juta untuk Siswa SD, SMP, dan SMK Telah Cair, Cek Informasi Selengkapnya

Indonesia mengalami kerugian ekonomi sebesar USD1,54 miliar atau Rp22,8 triliun setiap tahun akibat bencana sepanjang tahun 2000 hingga 2016. Perubahan iklim dan dampak dari kenaikan suhu juga mengancam ekonomi kelautan Indonesia yang saat ini bernilai USD256 miliar.

Melalui strategi PARB atau DRFI ini, kapasitas pendanaan penanggulangan bencana dapat ditingkatkan dengan pencarian alternatif sumber pembiayaan baru di luar APBN. Selain itu, sebagian risiko bencana juga dapat ditransfer melalui asuransi.

“Strategi yang biasa disebut dengan Strategi PARB ini bertujuan meningkatkan kemampuan pembiayaan untuk penanggulangan bencana dan membangun resiliensi ekonomi di tengah terjadinya berbagai bencana di Indonesia,” ujar Parjiono.

Pemerintah bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan mengembangkan instrumen terobosan Strategi PARB yang disebut Disaster Pooling Fund atau Pooling Fund Bencana (PFB).

Instrumen tersebut merupakan pooling fund pertama di dunia dan bertujuan untuk membiayai sebagian besar kebutuhan pembiayaan bencana di Indonesia di masa mendatang. Dana ini juga dirancang untuk bersifat fleksibel, responsif, berkelanjutan, serta pelengkap APBN sebagai sumber pendanaan bencana.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah