Mensos Risma Pastikan Perkuat Sistem Pencegahan Korupsi

- 26 Juli 2023, 09:54 WIB
Mensos Risma
Mensos Risma /

OKE FLORES.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan, akan terus memperkuat komitmen dan langkah konkret dalam membangun sistem pencegahan korupsi di Kementerian Sosial.

Berbagai tindakan telah dilakukan untuk memastikan Kemensos mengadopsi prinsip-prinsip pengelolaan pemerintahan yang efektif (good governance).

Sejak menjabat, Mensos telah meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan aparat penegak hukum (APH), khususnya dalam pengawasan penyaluran bantuan sosial (bansos).

Baca Juga: Bantuan Pangan Beras Diperpanjang pada Oktober-Desember 2023

"Kami bekerja sama dengan institusi atau lembaga seperti KPK, Kejaksaan Agung, BPK, BPKP, BI, OJK dan Bareskrim Polri dengan harapan tidak ada pihak-pihak yang berniat melakukan penyelewengan bansos," kata Mensos dalam pertemuan dengan media dilansir Pikiran-Rakyat.com Rabu 26 Juli 2023.

Untuk memastikan pengawasan berjalan efisien, Mensos tidak ragu menempatkan APH dalam posisi pengawasan pada struktur organisasi Kemensos. Bahkan jabatan Plt. Inspektur Jenderal diberikan kepada Dody Sukmono, seorang penyidik senior yang sudah berpengalaman bertugas di KPK.

Untuk terus memperkuat pencegahan tindak pidana korupsi, Mensos terbuka terhadap masukan dan kerja sama dengan penegak hukum, termasuk KPK. Mensos berharap, KPK bersedia memperkuat jajaran inspeksi di lingkungan Kemensos, dengan memberikan pelatihan baik pada aspek pemeriksaan maupun pelaporan.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiranrakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x