Simak Cara Cek Penerima Bantuan UMKM 2024 Rp600 Ribu Cair di Bulan Januari Jika Terdaftar di Link Berikut Ini

- 10 Januari 2024, 21:00 WIB
Sambut Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp195 Triliun
Sambut Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp195 Triliun /Dok. Pikiran Rakyat /

OKE FLORES.COM - Pemerintah telah mengumumkan program bantuan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada tahun 2024 sebagai upaya untuk mendukung pelaku usaha dalam menghadapi tantangan ekonomi.

Bantuan ini berupa dana sebesar Rp600 ribu yang direncanakan akan cair pada bulan Januari.

Bantuan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kembali diberikan pada tahun 2024 ini, namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: BPNT 2024 Cair Tanggal Berapa? Ini Estimasinya

Kembali ke tahun 2020 dan 2021 pemerintah memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp600 ribu yang akan cair beberapa kali melalui program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Sayangnya program ini diketahui telah berhenti sejak tahun 2022 yang lalu dan hingga tahun 2024 belum ada informasi kelanjutan programnya. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena masyarakat khususnya pelaku UMKM masih bisa mendapatkan bantuan tambahan modal usaha yaitu sebesar Rp600 ribu.

Caranya adalah dengan melakukan cek penerima bantuan dari Kementerian Sosial seperti bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

Jika pelaku UMKM terdaftar sebagai penerima PKH kategori lansia dan penyandang disabilitas maka bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu.

Bansos PKH ini dijadwalkan mulai cair pada bulan Januari 2024 ini, masyarakat khususnya KPM dan pelaku UMKm bisa mulai melakukan cek penerima dengan mengikuti cara sebagai berikut.

Cara Cek Penerima Bantuan Rp600 Ribu

Berikut cara cek penerima bantuan Rp600 ribu bagi pelaku UMKM dari program bantuan sosial (bansos) PKH Kemensos, selengkapnya.

- Buka link cekbansos.kemensos.go.id melalui browser di HP

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x