Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024: Peningkatan Akses Pendidikan Tinggi Bagi SNBP, SNBT, dan Mandiri

- 19 Maret 2024, 13:55 WIB
Foto : Ayo Daftar KIP Kuliah 2024 / Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024: Peningkatan Akses Pendidikan Tinggi Bagi SNBP, SNBT, dan Mandiri
Foto : Ayo Daftar KIP Kuliah 2024 / Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024: Peningkatan Akses Pendidikan Tinggi Bagi SNBP, SNBT, dan Mandiri /

 

OKE FLORES.COM - Pendidikan tinggi adalah pintu gerbang menuju kemajuan dan kesuksesan bagi setiap individu dan bangsa.

Namun, akses terhadap pendidikan tinggi masih menjadi tantangan bagi sebagian besar masyarakat, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah.

Untuk mengatasi ketimpangan ini, Pemerintah Indonesia terus mengambil langkah-langkah inovatif, salah satunya adalah melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Baca Juga: Mau Pinjam Dana KUR Rp50 Juta di Bank BRI? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi agar Permohonan Anda Dapat Dilayani

KIP Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan tingkat perguruan tinggi yang ditujukan untuk mendukung akses pendidikan tinggi bagi siswa berprestasi namun terkendala secara ekonomi.

Program ini memberikan bantuan biaya pendidikan berupa uang saku, biaya kuliah, dan fasilitas lainnya kepada penerima KIP Kuliah.

Target Penerima

Pada tahun 2024, KIP Kuliah telah diperluas untuk mencakup tiga kelompok utama penerima, yaitu:

  1. SNBP (Siswa Miskin Berprestasi): Siswa dengan prestasi akademik yang tinggi namun berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x