Berikut Makanan Memperkuat Gigi dan Tulang Agar Tetap Sehat Hingga Nanti, Salah Satunya Ikan Berlemak

- 31 Juli 2023, 10:20 WIB
Salmon dan ikan berlemak baik untuk dikonsumsi pria usia diatas 50 tahun.
Salmon dan ikan berlemak baik untuk dikonsumsi pria usia diatas 50 tahun. /Pixabay.com/

OKE FLORES.COM - Kesehatan gigi dan tulang merupakan dua aspek penting dalam menjaga kualitas hidup kita. Keduanya memiliki peran yang krusial dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Gigi yang kuat memungkinkan kita untuk mengunyah makanan dengan baik, sementara tulang yang sehat membantu menjaga postur tubuh dan melindungi organ-organ vital. Salah satu cara untuk merawat gigi dan tulang adalah dengan memperhatikan asupan makanan kita.

Baca Juga: Golkar Se-Indonesia Kompang Menolak Munaslub, Fokus Menangkan Agenda Politik 2024

Melansir dari PikiranRakyat.com, Senin, 31 Juli 2023, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan yang dapat membantu memperkuat gigi dan tulang, sehingga keduanya tetap sehat hingga nanti.

  1. Susu dan produk susu

Susu dan produk susu seperti yogurt dan keju kaya akan kalsium dan vitamin D, yang merupakan nutrisi esensial untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien. Mengonsumsi produk susu secara teratur dapat membantu mencegah kerapuhan tulang dan osteoporosis di kemudian hari.

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan pada jaringan tulang dan gusi, sehingga mencegah risiko penyakit periodontal dan masalah tulang lainnya.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung mengandung kalsium, vitamin K, dan magnesium. Vitamin K berperan dalam pembentukan protein yang memperkuat tulang, sementara magnesium membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang dengan mempertahankan kadar kalsium yang seimbang dalam tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kacang merah mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, magnesium, fosfor, dan vitamin K. Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan memperkuat struktur gigi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah