Seberapa Banyak Kebutuhan Kalori Untuk Lansia, Yuk Kita Cari Tahu

- 7 November 2023, 10:43 WIB
Foto: Seberapa Banyak Kebutuhan Kalori Untuk Lansia, Yuk Kita Cari Tahu
Foto: Seberapa Banyak Kebutuhan Kalori Untuk Lansia, Yuk Kita Cari Tahu /PIXABAY/pxby666

 

OKE FLORES.COM - Pentingnya menjaga daya tahan tubuh terutama bagi lansia yang termasuk kelompok rentan. Salah satu solusinya adalah dengan tetap makan. Konsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral akan menentukan keadaan gizi manusia yang akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sehingga Anda akan mengetahui kebutuhan nutrisi harian Anda. Yang pertama kebutuhan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi.

Seiring berjalannya waktu, tubuh manusia berubah sesuai musim. Misalnya saja orang lanjut usia atau lansia. Tubuh mereka mengalami perubahan yang mempengaruhi kebutuhan nutrisi orang dewasa. Ketika kebutuhan nutrisi lansia meningkat, kesehatan mereka akan meningkat.

Baca Juga: Mencegah Penyakit hingga Menurunkan Risiko Kematian, Ini 5 Jenis Vaksin untuk Lansia

Sebaliknya, jika pangan dan gizi tidak terjamin, khususnya pada lansia, maka lansia akan lebih rentan terhadap penyakit yang membahayakan dirinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui nutrisi penting dan anjuran mengonsumsinya, untuk menjaga kesehatan lansia.

Berapa kebutuhan cairan untuk lansia?

Secara umum, minum 8 gelas air sehari (sekitar 2 liter) membantu memenuhi kebutuhan air harian Anda. Namun, kebutuhan air sebenarnya berbeda-beda pada setiap orang. Rekomendasi ini setara dengan minum empat hingga enam gelas 250 ons (gelas standar air mineral) per hari.

Nah, perhitungannya berbeda untuk senior. Secara umum, orang lanjut usia membutuhkan lebih banyak air karena lebih rentan mengalami dehidrasi. Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan jumlah kebutuhan air, antara lain berat badan, peningkatan lemak tubuh, dan penurunan fungsi ginjal akibat penuaan.

Mengutip Hallo Sehat, Selasa 07 November 2023, secara umum kebutuhan air orang dewasa minimal 1,5 liter per hari. Namun menurut anjuran Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan air bagi lansia Indonesia adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Hallo Sehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah