Picu Penyakit Jantung: Inilah Salah Satu Bahaya Jika Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk

- 14 November 2023, 13:19 WIB
2 Cara Mudah Membersihkan Gigi dan Menghilangan Karang Gigi ala dr. Ema Surya Pertiwi
2 Cara Mudah Membersihkan Gigi dan Menghilangan Karang Gigi ala dr. Ema Surya Pertiwi /freepik/studiogstock

OKE FLORES.COM - Kesehatan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan keseluruhan tubuh.

Salah satu masalah umum yang sering diabaikan adalah penumpukan karang gigi atau plak.

Bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi juga memiliki dampak serius pada kesehatan, salah satunya adalah peningkatan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Tomat untuk Wajah: Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kulit dan Cegah Penuaan

Karang Gigi: Apa Itu dan Mengapa Berbahaya?

Karang gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan, bakteri, dan saliva yang mengeras di sekitar gigi. Jika tidak dibersihkan secara teratur, plak dapat mengeras menjadi karang gigi, yang sulit untuk dihilangkan dengan sikat gigi biasa.

  1. Penyakit Gusi: Karang gigi dapat menyebabkan peradangan pada gusi atau gingivitis. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa berkembang menjadi periodontitis, di mana infeksi merusak jaringan yang mendukung gigi.

  2. Keterkaitan dengan Penyakit Jantung: Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara penyakit gusi yang parah dan penyakit jantung. Bakteri dari infeksi gusi dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah jantung. Ini dapat memicu atau memperburuk kondisi kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, arteri koroner yang menyempit, dan bahkan serangan jantung.

Bagaimana Karang Gigi Memicu Penyakit Jantung?

Adanya plak atau karang gigi memungkinkan bakteri merusak gusi dan jaringan sekitarnya. Bakteri ini dapat masuk ke dalam aliran darah melalui gusi yang terluka atau terinfeksi. Begitu bakteri ini mencapai aliran darah, mereka dapat merangsang respons inflamasi dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: sonora.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah