Harus Berapa Kali Anda Menyikat Gigi dalam Sehari? Berikut Penjelasannya!

- 11 Desember 2023, 09:49 WIB
Ilustrasi sikat gigi
Ilustrasi sikat gigi /Pexels/

OKE FLORES.COM - Tentu, kebersihan gigi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan.

Menyikat gigi secara teratur adalah kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari untuk mencegah berbagai masalah kesehatan mulut seperti karies, radang gusi, dan masalah lainnya.

Namun, pertanyaan seputar berapa kali seharusnya kita menyikat gigi dalam sehari sering kali menjadi perdebatan.

Menurut para ahli kesehatan gigi, menyikat gigi minimal dua kali sehari adalah standar yang dianjurkan. Hal ini sebaiknya dilakukan pada pagi setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Menyikat gigi di pagi hari membantu menghilangkan plak yang terbentuk semalam, sementara menyikat gigi sebelum tidur membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan plak seharian dari gigi.

Namun, ada juga situasi tertentu di mana disarankan untuk menyikat gigi lebih dari dua kali sehari. Misalnya, setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang manis atau asam, karena dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak. Menyikat gigi setelah makan makanan tersebut bisa membantu mengurangi risiko terjadinya kerusakan gigi.

Tak hanya seberapa sering, tapi juga bagaimana cara menyikat gigi yang benar sangat penting. Beberapa tips penting termasuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, menggunakan pasta gigi dengan fluoride, menyikat gigi dengan gerakan melingkar dan lembut, membersihkan lidah, dan juga menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

Selain menyikat gigi, penting juga untuk menjaga kebersihan mulut dengan cara berkumur atau menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi serta mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan membersihkan gigi secara menyeluruh.

Namun demikian, setiap individu bisa memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada yang mungkin memerlukan penyikatan lebih sering karena memiliki masalah gigi tertentu atau kecenderungan mengalami plak lebih cepat. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengetahui kebutuhan kesehatan gigi yang spesifik untuk Anda.

Jadi, sementara dua kali sehari merupakan standar umum, situasi serta kebutuhan kesehatan gigi masing-masing individu bisa mempengaruhi seberapa sering seharusnya kita menyikat gigi. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan mulut secara rutin dan konsisten untuk mencegah masalah kesehatan gigi yang lebih serius.***

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Halosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah