Berikut Faktor-faktor yang membuat kuman gigi tumbuh berlebihan, Salah Satunya Polusi Lingkungan

- 11 Desember 2023, 09:43 WIB
karang gigi
karang gigi /

OKE FLORES.COM - Kuman gigi atau bakteri dalam mulut adalah bagian alami dari lingkungan mulut yang sehat. Namun, ketika kondisi tertentu terjadi, kuman ini bisa berkembang dengan cepat dan berlebihan, menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan kuman gigi yang berlebihan:

  1. Kebiasaan Buruk dalam Perawatan Gigi: Sikat gigi dan penggunaan benang gigi yang tidak teratur atau tidak tepat dapat meninggalkan sisa makanan di mulut. Ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

  2. Polusi Mulut: Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, atau penggunaan produk tembakau dapat menyebabkan perubahan pada keseimbangan bakteri dalam mulut, memungkinkan pertumbuhan kuman yang tidak diinginkan.

  3. Kurangnya Air Liur: Kondisi medis tertentu atau penggunaan obat-obatan tertentu dapat mengurangi produksi air liur. Air liur penting untuk membersihkan mulut dari sisa makanan dan bakteri.

  4. Gigi Berlubang atau Kerusakan Gigi: Lubang atau kerusakan pada gigi memberikan tempat bagi bakteri untuk berkembang biak dan tumbuh dengan cepat.

  5. Polusi Lingkungan: Lingkungan mulut yang asam atau tidak seimbang karena konsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan gula atau asam dapat mempercepat pertumbuhan bakteri.

  6. Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis seperti diabetes, penyakit gusi, atau gangguan imun juga dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri di mulut.

  7. Kurangnya Perawatan Gigi Rutin oleh Dokter Gigi: Perawatan rutin oleh dokter gigi, seperti pembersihan profesional dan perawatan yang teratur, membantu dalam mengontrol pertumbuhan bakteri di mulut.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Halosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah